Meski akan 'Hengkang' dari Blok Rokan, Chevron Disebut Masih Lakukan Eksplorasi

11 Desember 2020
Indra Agus Lukman

Indra Agus Lukman

RIAU1.COM - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman mengungkapkan, saat ini Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk wilayah Blok Rokan, PT Chevron Pacific Indonesia masih melakukan eksplorasi dalam upaya menggesa optimalisasi produksi migas. 

"Chevron saat ini sedang mengurus AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) untuk eksplorasi. Hanya, dari dua kabupaten yang menjadi lokasi, yakni Siak dan Rokan Hulu, di sana mereka belum melakukan pengeboran," kata Indra belum lama ini.

Sebab itu, Indra menyebut, peningkatan produksi migas Riau baru akan mulai pada tahun 2021 mendatang. Meski kontak Chevron sebagai pengelola Blok Rokan akan segera berkahir dalam hitungan bulan, namun KKKS tersebut masih memiliki kewajiban untuk melaksanakan eksplorasi. 

"Mereka masih punya kewajiban melakukan eksplorasi. Mengurus semua AMDAL itu, dan itu sudah disiapkan semuanya," ujarnya. 

Tambah dia, hasil perhitungan berdasarkan eksplorasi yang dilakukan, ada sekitar 28 cadangan migas yang berpotensi untuk dilakukan produksi. 

"Yang pasti, kawan-kawan Pertamina nanti  juga akan mengejar target produksi hingga di atas 200 ribu barel per hari. kita berharap kondisi bisa normal dan semakin bagus kedepannya," pungkasnya.