Meski Intensitas Hujan Tinggi, Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Belum akan Dibuka

Meski Intensitas Hujan Tinggi, Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Belum akan Dibuka

25 November 2020
Edward Sanger

Edward Sanger

RIAU1.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan, langkah koordinasi yang dilakukan Pemprov Riau dengan pihak pengelola PLTA Koto Panjang masih terus berjalan dalam upaya antisipasi banjir di Riau akhir tahun. 

Menurutnya, sejauh ini kondisi debit air waduk tersebut masih normal, dengan kata lain belum terjadi penambahan kuantitas debit air sehingga belum perlu dilakukan pembukaan pintu waduk. 

"Sejauh ini (debit air,red) masih normal. Kami juga masih terus melakukan koordinasi dengan pihak pengelola PLTA Koto Panjang," kata Kepala BPBD Riau Edward Sanger, Selasa, 24 November 2020.

Dia menambahkan, pihak PLTA Koto Panjang dipastikan akan memberikan informasi mengenai intensitas curah hujan di Sumatera Barat dan kuantitas debit air yang akan masuk ke waduk.

Langkah koordinasi, sebut Edwar, juga akan diikuti dengan pemberitahuan rencana pembukaan pintu waduk dengan peringatan resmi yang dikeluarakan oleh Pengelola PLTA Koto Panjang.

"Biasanya, daerah Tigabelas Koto Kampar yang paling pertama akan merasakan dampak dari pembuangan air. Oleh sebab itu langkah koordinasi masih terus kita lakukan, dan nanti akan dilaporkan setiap perkembangannya," kata Edwar.