Ini Tiga Program yang Dinilai Atasi Masalah Kehutanan di Riau

Ini Tiga Program yang Dinilai Atasi Masalah Kehutanan di Riau

24 November 2020
Hutan Riau

Hutan Riau

RIAU1.COM - Ada tiga program pemerintah pusat yang dinilai sangat membantu penyelesaian masalah hutan di Riau. Baik dari sisi mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) juga penghijauan.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau mengabarkan, ketiga program tersebut, pertama rewetting atau pembasahan kembali. Program ini berbentuk pembangunan kanal bloking dan sumur bor di berbagai daerah di Riau mampu maminimalisir terjadinya Karhutla. 

Pasalnya, dengan kegiatan rewetting berupa kanal bloking tersebut, mampu meningkatkan kelembaban terutama pada kawasan gambut didaerah pesisir Riau. 

"Karhutla sudah mengalami penurunan, ditambah juga curah hujan yang tinggi. Tapi kita yakini, kanal bloking sangat membantu dalam upaya pencegahan Karhutla, meningkatkan kelembaban gambut," kata Kadis LHK Maamun Murod, Senin 23 November 2020.

Selain itu, juga berdampak positif pada tanaman. Seperti sagu yang dikenal banyak menyerap air. Begitu juga pada sektor ketahanan pangan lainnya yang sekarang sedang digalakan Pemerintah Provinsi Riau. 

"Artinya, kanal bloking itu tidak hanya berfungsi untuk climate change (perubahan cuaca,red), juga memberikan dorongan pada sektor ketahanan pangan. Contoh di Meranti, komuditi tanaman di sana menjadi bagus. Karena, kebutuhan airnya terpenuhi, karena kita tahu sagu ini banyak menyerap air," papar Murod.

Kedua, program revegetasi atau penanaman kembali. Program ini juga dinilai sejalan dengan program ketiga juga yakni revitalisasi atau peningkatan kesejahteraan. Kedua kegiatan ini dianggap mampu membantu ekonomi masyarakat dengan menumbuhkan ekonomi masyarakat, khususnya di kawasan hutan. 

"Misalnya, bagaimana menam jahe, beternak ikan, beternak sapi. Jadi kehutanan sekarang tak hanya bicara soal hutan, tetapi dalam aspek luas. 

Pemanfaatan lahan menjadi sumber ekonomi baru dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan juga bentuk satu upaya bagaimana meminimalisir terjadinya Karhutla di Riau. 

"Ini tentu sejalan dengan komitmen pak Gubernur Riau, mewujudkan Riau hijau," ujar Murod.