Aplikasi Bantu Guru, Starup Nasional dari Guru-guru Riau untuk Indonesia

Aplikasi Bantu Guru, Starup Nasional dari Guru-guru Riau untuk Indonesia

23 November 2020
Dr Syafi'i

Dr Syafi'i

RIAU1.COM - Ada yang istimewa dari perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 nanti. Pasalnya, karya guru-guru dari Riau yakni aplikasi Bantu Guru akan diluncurkan Presiden Joko Widodo.

"Peluncuran tanggal 28 November oleh Presiden. Tahun ini kan virtual. Puncak HUT PGRI dan HGN 2020, aplikasi Bantu Guru diluncurkan pusat secara nasional di 34 provinsi di Indonesia," kata Ketua PGRI Riau Dr M Syafi'i, kepada Riau1.com, Senin 23 November 2020 di Pekanbaru.

Setelah peluncuran aplikasi oleh Presiden nantinya, tambah Dr Syafi'i, maka guru, tenaga kependidikan, hingga dosen akan menggunakan buah jerih payah guru dari tanah Melayu Riau tersebut.

"Jadi, starup comunity ini, insyaallah seluruh guru, dosen dan tenaga kependidikan akan menggunakan fasilitas layanan aplikasi Bantu Guru," ujarnya.

Sementara untuk hak cipta, dia menegaskan sudah terdaftar di Kemenkumham, dan itu adalah hasil dari guru-guru dari Riau,"Hak ciptanya sudah ada dari Kementerian Hukum dan HAM, sudah keluar. Bahwa ini hasil dari guru-guru kita di Riau. Dan ini dijadikan produk starup nasional," tuturnya.

Dan yang penting dari itu semua, terang Dr Syafi'i, bagaimana melayani guru dengan sistem digitalisasi organisasi PGRI," Ada tiga yang akan dilayani, perlindungan, kebutuhan, dan peningkatan kompetensi dalam satu starup. Ini starup komplit bagi guru yang ada di Indonesia. Dari Riau untuk Indonesia," paparnya.

Ketika ditanya, apakah akan ada penghargaan khusus bagi guru-guru dari Riau yang bertungkus lumus membuat aplikasi tersebut, Dr Syafi'i menjawab singkat, "kita lihat saja nanti dipuncak HUT PGRI nasional," pungkasnya.