Dengan Investasi Sebesar Rp2 Triliun, Pembangunan SPAM di Pekanbaru dan Kampar Dimulai Tahun Depan

Dengan Investasi Sebesar Rp2 Triliun, Pembangunan SPAM di Pekanbaru dan Kampar Dimulai Tahun Depan

19 November 2020
Saat groundbreaking

Saat groundbreaking

RIAU1.COM - Beberapa wilayah di Provinsi Riau akan memiliki akses air langsung minum layak tanpa dimasak. Hal tersebut akan terwujud melalui pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kapasitas 1.000 liter perdetik.

Pembangunan SPAM ini akan mulai  pada awal 2021 mendatang, dan akan dialirkan ke rumah masyarakat pada tahun 2022.

Groundbreaking SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, langsung dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Kamis 19 November di salah satu hotel di Pekanbaru.

"SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, akan melayani lebih kurang sebanyak 624.000 jiwa atau 102.000 sambungan rumah di 5 Kecamatan, yaitu, Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu dan Tambang, dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menjadi 5%, dimana sumber air bakunya dari Sungai Kampar," kata Gubri.

Tambah Gubri menjelaskan, investasi pembangunan SPAM ini adalah investasi mandiri yang seluruh pembiayaanya dari Capex perusahaan PT PP Tirta Riau, yang sebelumnya dimiliki oleh konsorsium PPMV. Dan nilai ivestasi yang di gelontorkan PT PP Tirta Riau sebesar Rp2 Triliun.

"SPAM ini direncanakan melayani kebutuhan pelangan rumah tangga maupun non rumah tangga. Yang memiliki output standar kualitas air minum sampai ke pelanggan dengan pelayanan 24 jam perhari. Pengerjaan akan dimulai pada tahun 2021 dan akan mengalir sampai dirumah pelanggan secara bertahap mulai tahun 2022," ujar Gubri Syamsuar.