Promosi Destinasi Wisata Kampar di Tahun Kelima Festival Subayang

Promosi Destinasi Wisata Kampar di Tahun Kelima Festival Subayang

16 November 2020
Syamsuar menuju lokasi Festival Subayang

Syamsuar menuju lokasi Festival Subayang

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi Riau bangga dengan event pariwisata Festival Subayang. Seperti dikatakan Gubernur Riau Syamsuar saat hadir pada kegiatan tersebut, Ahad 15 November 2020.

Festival Subayang digelar pada tanggal 14-15 November 2020. Lokasi pelaksanaannya di kawasan Suaka Margasatwa (SM) bukit Rimbang, bukit Baling, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. 

Pembukaan event ini dilaksanakan secara virtual, pada Sabtu 14 November 2020 malam. Guna mematuhi protokol kesehatan, peserta yang hadir ke lokasi acara, dibatasi hanya bagi 100 orang peserta atau wisatawan, dan telah disiapkan uji rapid swab untuk 150 sampel. Perhelatan ini menyajikan kegiatan explore destinasi wisata Batu Dinding dan acara seni pertunjukan yakni, pemutaran film pariwisata dan beberapa atraksi kesenian dari masyarakat lokal. 

Lalu, Ahad 15 November 2020 juga digelar beberapa rangkaian kegiatan yaitu, Field trip Rimbang Baling menelusuri sungai Subayang, prosesi budaya bukit harimau, makan bajambau dan panen ikan di lubuk larangan. 

Rombongan Gubernur Riau, tiba di tepian Sungai Subayang, tepatnya di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan menggunakan sampan bermotor atau yang biasa disebut masyarakat setempat dengan sebutan robin menuju Desa Tanjung Beringin. Menghabiskan waktu tempuh 2 jam perjalanan. 

Gubernur Riau mengatakan, tujuan ia datang pada event tersebut guna membantu mempromosikan pariwisata yang ada di daerah tersebut.

"Tujuan kami datang tak lain guna mempromosikan Festival Subayang. Kunjungan ini merupakan yang ke dua kalinya di destinasi yang ada di Kabupaten Kampar. Jadi kami akan mempromosikannya bersama-sama Forkompimda. Sebelumnya kami juga telah mengunjungi danau Tepian Mahligai. Nah hari ini di Festival Subayang," kata Syamsuar.

Dia juga menyampaikan, bahwa kedatangannya di Festival Subayang 2020, juga mengajak Putri Indonesia Pariwisata 2017, Karina Nadila. Bertujuan guna membantu mempromosikan event itu. Ia turut merasa bangga, pasalnya menurut panitia pelaksana, Festival Subayang telah digelar lima kali, sejak tahun 2016.

"Festival Subayang cukup bagus. Banyak destinasi wisata alam yang bisa dikembangkan lagi menjadi ekowista agar bisa semakin dikenal oleh para wisatawan nusantara dan mancanegara," tutur Syamsuar.