Sumbangan dari PT CPI, Rusa Totol Dipelihara di Belakang Rumah Dinas Gubri

Sumbangan dari PT CPI, Rusa Totol Dipelihara di Belakang Rumah Dinas Gubri

22 Oktober 2020
Rusa Totol

Rusa Totol

RIAU1.COM - Enam (6) ekor rusa totol yang merupakan sumbangkan PT Chevron Pacific Indonesia dievakuasi ke Gubernur Riau, Syamsuar. Kini rusa tersebut dipelihara di belakang Gedung Daerah, rumah dinas Gubernur Riau.

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Dian Indriarti mengatakan, bahwa pihaknya hanya sebatas membantu evakuasi. "Benar, bukan kami yang menyerahkan, kami hanya membantu evakuasi," terangnya, Kamis 22 Oktober.

Dian menjelaskan, satwa yang bernama latin Axis axis itu merupakan sumbangan dari PT Chevron Pacific Indonesia. Lantaran di tempat pemeliharaan milik PT Chevron satwa tersebut sudah berkembang biak. Sehingga perlu dipindahkan agar tempat itu tidak terlalu sempit.

Hewan herbivora tersebut, di lepas di halaman seluas lebih kurang satu hektar dan telah diberi pagar keliling. Dilokasi itu ditumbuhi rumput dan beberapa pohon cukup besar, sehingga bisa untuk tempat rusa berteduh disaat panas atau hujan. 

"Rusa totol ini bukan dari jenis yang dilindungi," paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan bahwa saat ini terdapat 6 ekor rusa totol di penangkaran yang ada di rumah dinasnya. Ia menjelaskan bahwa rusa itu berasal dari taman rusa PT Chevron Pasific Indonesia.

"Ada enam ekor, empat betina dan dua ekor jantan," terangnya.

Ia berharap, lahan seluas satu hektare di belakang rumahnya itu dapat menjadi tempat berkembang biak 6 ekor rusa totol tadi. Ia berkeinginan rumah dinasnya menjadi seperti Istana Bogor yang juga dihuni banyak rusa dengan jenis yang sama.