Bengkalis Miliki Ekowisata Mangrove Education Center

Bengkalis Miliki Ekowisata Mangrove Education Center

28 September 2020
Saat Peresmian

Saat Peresmian

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar meninjau sekaligus meresmikan Ekowisata Mangrove Education Center di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Ahad 27 September 2020.

Syamsuar mengapresiasi dan merasa bangga melihat kinerja masyarakat yang tetap bisa produktif walaupun di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, berkat semangat warga desa, mangrove dapat terjaga dengan baik.

Dia menyebutkan, kelompok harapan bersama Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Bengkalis ini memiliki ikhtiar yang luar biasa dalam mengembangkan dan memelihara mangrove sekaligus menahan abrasi.

"Semoga ekowisatanya dikelola dengan baik serta tetap mentaati protokol kesehatan, pengunjung wajib memakai masker bila datang kesini, bila perlu ibu-ibu disini menyediakan dan menjual masker bagi para pengunjung yang tak pakai masker," ujar dia.

Dia berharap, dengan adanya peresmian ekowisata ini dapat membangkitkan usaha mikro sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bahkan bisa meningkatkan pendapatan asli desa setempat.

Selain itu juga, Syamsuar juga mengharapkan supaya kreativitas dan inovasi Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk membangkitkan potensi daerahnya sekaligus mencegah dari abrasi.

"Bisa dicontoh oleh daerah-daerah lain yang mengalami abrasi. Ada ikhtiar menahan abrasi sekaligus membudidayakan hasil dari mangrove, termasuk juga usaha perikanan yang selama ini masyarakat mendapatkan hasilnya yang kurang memuaskan tapi sekarang sudah ada budidaya ikan nila dan kepiting," tukasnya.