Bagaimana Kejelasan Program Riau Hijau Syamsuar-Edy? Berikut Penjelasannya

17 September 2020
Mamun Murod

Mamun Murod

RIAU1.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau menyebutkan saat ini tengah menyiapkan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) yang dijadikan sebagai pondasi Riau Hijau.

"Didalam RPPLH tersebut, kami masukkan isu-isu strategis yang dihadapi oleh Pemerintah provinsi Riau selama 20 tahun kedepan. Dimana ada lima isu pokok yang dimuat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Mamun Murod belum lama ini.

Sebut dia, isu pertama yakni terkait ketahanan pangan, kedua yakni ketahanan air. Karena khusus untuk ketahanan air ini, saat ini sudah dirasakan dampaknya oleh masyarakat yang tinggal didaerah pesisir. Untuk yang ketiga yakni tentang biodiversitas atau keanekaragaman organisasi.

"Sedangkan yang keempat yakni terkait ketahanan energi, karena saat ini cadangan energi fosil di Riau terus menurun, sehingga diperlukan adanya energi baru terbarukan. Untuk yang kelima yakni terkait perubahan iklim, seperti dalam hal penangangan kebakaran hutan dan lahan," demikian Mamun Murod.