Inovasi Mahasiswa Kukerta Unri Gunakan Ekstak Daun Sirih untuk Hand Sanitizer Bagi Masyarakat Desa Hangtuah Kampar

Inovasi Mahasiswa Kukerta Unri Gunakan Ekstak Daun Sirih untuk Hand Sanitizer Bagi Masyarakat Desa Hangtuah Kampar

19 Agustus 2020
Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Hangtuah Kampar

Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Hangtuah Kampar

RIAU1.COM - Mahasiswa pengabdian Universitas Riau dalam program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) tahun 2020 ikut serta berpartisipasi dalam membantu pemutusan penyebaran pandemi Covid-19 di Desa Hangtuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Dengan Anggota kelompok yang terdiri terdiri dari Rahayu Sri Rejeki, Diana Syamsiah, Diah Anggini. S dan Aprilia Cindy Nurfatima dan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Dra. Silvia Reni Yenti M.Si, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk misi sosial kepada masyarakat.

Dengan apa yang dilakukan tersebut, besar harapan agar pelaksanaan pengabdian ini bisa bermanfaat, mengingat status darurat yang telah ditetapkan di desa Hangtuah tersebut.

Keberadaan tim kukerta relawan UNRI disambut baik Kepala Desa Hangtuah, Ajin Purwanto, SH pada saat ditemui dikantor desa Hangtuah. Mahasiswa pengabdian pun mengajukan inovasi pembuatan handsanitizer alami untuk didistribusikan kepada masyarakat.

"Dikarenakan harga hand sanitizer dipasaran melonjak tajam, serta sulitnya mencari bahan dasar yaitu etanol dengan konsentrasi yang tinggi dan dibutuhkan izin-izin tertentu untuk membelinya dalam jumlah yang besar, maka dari itu kami menggunakan ekstrak daun sirih sebagai pengganti etanol dalam pembuatan hand sanitizer," ucap cindy mewakili Anggota Kelompok Kukerta di desa Hangtuah tersebut. Rls