Meski Penghujan, BPBD Riau akan Datangkan Pesawat TMC

Meski Penghujan, BPBD Riau akan Datangkan Pesawat TMC

12 Juli 2020
Ilustrasi (net)

Ilustrasi (net)

RIAU1.COM - Guna mengantisipasi terjadi Kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau saat ini sedang mengupayakan untuk mendapatkan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan di Riau.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur mengatakan, untuk mendatangkan pesawat TMC tersebut, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan saat sudah direspon.

"Surat permohonan untuk melakukan TMC sudah direspon BNPB, saat ini tinggal memastikan kesiapan pesawat. Karena pesawat yang akan digunakan itu adalah milik TNI AU," kata Jim Gafur, Ahad 12 Juli 2020

Tambah dia menjelaskan, saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan TMC, karena berdasarkan prediksi pihak BMKG, pada bulan ini sudah memasuki musim kemarau di Riau. Sehingga keberhasilan TMC masih cukup tinggi.

Loading...

"Kalau untuk garam yang akan digunakan untuk TMC sudah standby di Riau. Stoknya saat ini masih 20 ton, jumlah itu cukup untuk melakukan TMC. Kalau nantinya sudah mulai menipis, bisa didatangkan lagi stoknya," pungkasnya.**