Bakar Tongkang di Rohil Bulan Ini Ditengah Pandemi, Berikut Pandangan jubir Gugus Tugas Covid-19 Riau

Bakar Tongkang di Rohil Bulan Ini Ditengah Pandemi, Berikut Pandangan jubir Gugus Tugas Covid-19 Riau

7 Juni 2020
dr Indra Yovi (net)

dr Indra Yovi (net)

RIAU1.COM - Berbagai event budaya dan pariwisata serta olahraga tahunan di provinsi Riau jika diikuti jadwal, dalam waktu dekat akan dihelat. Hal ini tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi gugus tugas penanganan Covid-19 Riau.

"Saya dengar kamarin pak gubernur dan beberapa dinas terkait membicarakan pariwisata, termasuk bakar tongkang, termasuk pacu jalur, termasuk beberapa agenda budaya dan olahraga, termasuk Tur de Siak," kata dr Indra Yovi jubir Covid-19 Riau belum lama ini.

Namun sambungnya, menjadi persoalan jika suatu event yang mengumpulkan ribuan orang ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Cuman masalahnya, bakar tongkang ini agak rumit memang. Ini suatu event yang mengumpulkan ribuan orang dan di event itu orang berebutan mengangkat tongkang itu sebelum dibakar. Nah ini harus dipikirkan memang bagaimana event itu bisa berlangsung tapi dengan protokol kesehatan," katanya.

"Kalau protokol kesehatannya tidak bisa terjamin, saya berpikir sebaiknya tidak. Saya berpikir ya, bukan pemerintah provinsi," sambung dia lagi.

Tapi misalnya, tambah dia, ada jaminan penyelenggaraan dengan cara yang baru, dibuat dengan satu hal yang baru, sehingga protokol-protokol kesehatannya bisa terjamin maka silahkan saja.

"Karena kita tidak mau sesudah bakar tongkang, ada lagi kluster bakar tongkang, ada lagi kluster pacu jalur, itu yang kita hindari," pungkasnya.