Gubri Syamsuar Minta Protokol Kesehatan di Masjid Raya An Nur Jadi Percontohan

Gubri Syamsuar Minta Protokol Kesehatan di Masjid Raya An Nur Jadi Percontohan

5 Juni 2020
Saat berlangsungnya ibadah

Saat berlangsungnya ibadah

RIAU1.COM - Hari ini, Jum'at 5 Juni, menjadi sholat Jum'at pertama bagi Masjid Raya An Nur Pekanbaru kembali menyelengarakan kewajiban bagi kaum muslim laki-laki tersebut setelah beberapa bulan terakhir ditutup guna meredam pandemi Covid-19.

Gubernur Syamsuar usai sholat Jum'at tersebut pada wartawan mengatakan, bahwa Masjid milik provinsi tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan selama berlangsungnya jalan ibadah.

"Hari ini kita mulai sholat di sini (Masjid An Nur). Semuanya sudah menjalankan sesuai protokol kesehatan. Sepanjang suasana seperti ini diperlihara terus, mudah-mudahan tidak terjadi penyebaran Covid-19 yang masif," kata Syamsuar.

Dia berharap standar yang diterapkan  Masjid Raya An Nur menjadi contoh bagi Masjid dan juga rumah ibadah lainnya untuk menjaga kesehatan jamaah dan semua masyarakat.

Loading...

"Jadi harapan saya, apa yang telah di laksanakan di Masjid ini (Masjid An Nur) dan juga semua rumah ibadah juga seperti itu kesadarannya. 
Ini semua untuk menjaga kesehatan kita semua, baik menjaga kesehatan kita semua jamaah baik kita keluarga dan masyarakat semua. Harapan saya ini tetap dipertahankan sehingga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat," tutur Syamsuar.

Dalam sholat perdana kali ini, jamaah di lantai atas atau ruang utama ibadah di batasi hanya sejumlah 450 jamaah. selebihnya diminta untuk mengisi teras dan ruang aula yang berada di lantai dasar Masjid. Jarak antar jamaah juga tampak dibatasi lebih kurang 1,5 meter.