Tergantung Kesiapan Kabupaten dan Kota, Begini 'Gambaran' New Normal di Riau untuk Pendidikan hingga Ibadah

Tergantung Kesiapan Kabupaten dan Kota, Begini 'Gambaran' New Normal di Riau untuk Pendidikan hingga Ibadah

29 Mei 2020
Gubri Syamsuar (Foto media center Riau)

Gubri Syamsuar (Foto media center Riau)

RIAU1.COM -Terkait kapan waktu pasti penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru, gubernur Riau Syamsuar mengatakan tergantung pada kesiapan masing-masing daerah kabupaten/kota yang ada di Riau.

"Sebenarnya new normal ini dari sekarang sudah boleh. Tapi nanti untuk pelaksanaan sepenuhnya tergantung kesiapan masing-masing kabupaten," kata Syamsuar, Kamis 28 Mei 2020 di gedung daerah Riau.

Contohnya, sambung Syamsuar, provinsi punya kewenangan terhadap sekolah SMA/SMK, sekolah ini buka nanti tergantung perintah Menteri Pendidikan.

"kalau misalnya sekolah buka 1 Juli,  kita sudah siapkan. Sekarang, sudah harus disiapkan apa yang dibutuhkan sekolah tadi seperti jumlah tempat cuci tangan. Kantor juga, kantor pemerintah, kantor swasta sama. Itu sudah diatur oleh peraturan menteri kesehatan.

Loading...

Sementara itu untuk rumah ibadah, terang mantan bupati Siak ini, keputusan untuk buka rumah ibadah menunggu (pemerintah pusat)," nanti di rumah ibadah, masuk rumah ibadah juga disediakan tempat cuci tangan dan lainya. Tapi kapan keputusannya menunggu Kementeriam Agama," terang Syamsuar.

Dan diketahui hari ini, Jum'at sebagai ibadah pekanan rutin umat Islam, Masjid An Nur Pekanbaru yang merupakan milik pemerintah provinsi Riau ternyata belum siap untuk menggelar ibadah sholat Jum' at seperti biasa.