Pemprov Riau Siapkan Lahan Pemakaman Pasien Corona dan Tempat Pemusnahan APD

Pemprov Riau Siapkan Lahan Pemakaman Pasien Corona dan Tempat Pemusnahan APD

3 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Penanganan pasien terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Riau masih membuat masyarakat bertanya-tanya, termasuk proses pemakaman pasien yang meninggal akibat wabah virus asal Cina ini.

Menyikapi hal itu, Gubernur Riau, Syamsuar menyatakan, Pemprov Riau sudah menyiapkan lahan khusus untuk pemakaman para pasien corona di Riau, terutama yang positif terinfeksi corona.

"Lokasi pemakaman di lahan milik Pemprov di Jalan Pasir Putih, dekat Science Techno Park," kata Syamsuar, Jumat 3 April 2020.

Tidak hanya itu, Syamsuar menuturkan, pihaknya juga menyiapkan tempat khusus untuk pemusnahan Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan tim medis menangani pasien corona. "Jadi kami sudah antisipasi dan kami sudah siap untuk itu," tukasnya.

Seperti yang diketahui, Gubernur Riau Syamsuar menaikkan status siaga menjadi tanggap darurat corona terhitung mulai tanggal 3 April sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, atau tepatnya setelah lebaran idul fitri 1441 hijriyah.

Dengan naiknya status tersebut, Syamsuar mengungkapkan proses pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Riau pun semakin dipercepat, termasuk untuk pengadaan labor uji sampel swab para pasien berstatus PDP senilai Rp7 miliar.

Berbagai peralatan penunjang untuk labor ini sudah dibeli dari luar negeri, dan saat ini dalam proses pengiriman Singapura menuju Jakarta, dijadwalkan pada pekan depan sudah tiba di Riau.