Setelah Aplikasi Lancang Kuning, Polda Riau Gunakan Drone Canggih Cegah Karhutla, Ini Kemampuannya

Setelah Aplikasi Lancang Kuning, Polda Riau Gunakan Drone Canggih Cegah Karhutla, Ini Kemampuannya

19 Februari 2020
Penampakan drone yang digunakan Polda Riau dalam pencegahan Karhutla

Penampakan drone yang digunakan Polda Riau dalam pencegahan Karhutla

RIAU1.COM -Kepolisian Daerah (Polda) Riau, kembali melakukan terobosan dalam hal penanganan ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Setelah melounching aplikasi Lancang Kuning, kini Polda Riau menggunakan drone canggih untuk operasi di lapangan.

Drone produkan DJI menjadi pilihannya. Saat ini, Polda Riau memiliki empat drone canggih, seri DJI Interface II. Spesifikasi dan kemampuan pesawat tanpa awak tersebut tak bisa dipandang sebelah mata.

DJI Interface II, memiliki kemampuan mumpuni, antara lain bisa mendeteksi panas bumi, termasuk titik api yang ada di permukaan. Bahkan juga bisa mendeteksi panas pada tubuh manusia.

Drone yang kini dimiliki Polda Riau tersebut juga dilengkapi pengeras suara hingga infra red sehingga bisa dioperasikan saat malam hari atau ketika pencahayaan kurang maksimal.

"Lahan kita mayoritas gambut, petugas darat di lapangan sering terjebak proses pemadaman, karena tidak tahu lokasi pasti titik api. Dengan adanya drone ini, bisa melihat secara luas," kata Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi disela-sela kunjungan kerjanya ke Kota Dumai, 19 Februari 2020.

"Saat ini kita miliki empat drone, semuanya punya kemampuan yang sama, bisa mendeteksi titik api bawah permukaan. Ini akan efektif, karena juga dilengkapi teknolohgi terbaru," yakin jenderal bintang dua tersebut.

Selain reaksi cepat, drone tersebut juga dapat difungsikan untuk sosialisasi, lantaran memiliki pengeras suara. "Bisa untuk sosialisasi pencegahan Karhurtla. Kemudian mengarahkan petugas di lapangan, mencari titik api," sambung dia.

Tiga drone ini, akan diberikan ke Polres Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Siak. Nantinya, wilayah lain juga akan menyusul mendapat perkuatan operasi dari udara dengan menggunakan drone tersebut.

"Drone bersifat mobile dan menjadi peralatan tak terpisahkan dari petugas di lapangan.

Bahkan di Kota Dumai, Drone canggih tersebut juga mendapat kesempatan menunjukkan kemampuannya di hadapan Forkopimda, yang hadir dalam acara silaturahmi Kapolda Riau. Unjuk kemampuan drone ini, dilakukan dalam sebuah simulasi penanganan Karhutla, di halaman Mapolres Dumai.

Sebelum drone, Polda Riau juga memiliki aplikasi Lancang Kuning, yang bisa memonitor secara langsung kondisi terkini Karhutla di Riau. Dengan itu, bahkan Kapolda bisa menghubungi langsung anggotanya yang berada terdekat dengan titik api, sehingga bisa dilakukan pemadaman secara cepat dan tepat.