Tim Satgas Karhutla BPBD Riau dapat Bantuan Medical Chek Up dari Prodia

19 Februari 2020
Penyerahan secara simbolis bantuan medical chek up gratis dari Prodia untuk tim Satgas Karhutla BPBD Riau (foto: dok/riau1.com)

Penyerahan secara simbolis bantuan medical chek up gratis dari Prodia untuk tim Satgas Karhutla BPBD Riau (foto: dok/riau1.com)

RIAU1.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih terjadi di Riau membuat berbagai pihak ikut berjibaku memadamkan api yang terjadi, khususnya dari petugas BPBD Riau.

Sebagai wujud kepedulian terhadap bencana karhutla, Prodia berinisiatif untuk memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan bagi petugas BPBD Riau yang terlibat dalam Satgas Karhutla.

Sebanyak 116 orang petugas BPBD Riau diberikan bantuan berupa pemeriksaan medical check up, meliputi pemeriksaan hematologi lengkap, glukosa, kolesterol total, spirometry, dan pemeriksaan fusik dokter.

”Kami berinisiatif untuk memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan kepada para petugas BPBD Riau ini terutama yang terlibat dalam satgas karhutla, sebab para petugas ini rentan terkena gangguan kesehatan akibat polusi asap," kata Dirut Prodia, Dewi Muliaty, Selasa 18 Februari 2020 di aula Kantor BPBD Riau.

Dwi menuturkan, kesehatan merupakan faktor utama yang diperlukan seseorang untuk melakukan tugasnya dengan baik terutama dalam membantu pemadaman karhutla.

"Pemeriksaan ini dilakukan dalam dua tahap, tanggal 23 Agustus 2019 lalu di Pekanbaru dan tanggal 18 November hingga 19 November 2019 di Dumai-Rupat Bengkalis," sebutnya.

Terpisah, Kalaksa BPBD Riau, Edwar Sanger menyambut baik bantuan yang diberikan oleh Prodia kepada tim Satgas Karhutla Riau.

“Kami berterimakasih dan mengapresiasi kepedulian Prodia terhadap tim BPBD Riau, dengan adanya medical check up dari Prodia, kami dapat mengetahui kondisi kesehatan para personil, sehingga mereka dapat melakukan upaya tertentu untuk menjaga kesehatannya," ucap Edwar.

"Prodia masuk dengan saat yang tepat, dimana biasanya kami hanya mengandalkan asuransi kesehatan pemerintah saja, Prodia datang memberikan bantuan dengan sukarela untuk pemeriksaan medical chek up petugas kami," ungkapnya.

Edwar pun berharap, bantuan medical chek up dari Prodia ini bukan pertama dan terakhir. "Rekan-rekan lain ingin Prodia hadir di kota-kota lainnya di Riau, terutama yang ada terjadi Karhutla," harapnya.