BKSDA Riau Musnahkan 1500 Satwa Belengkas Beku Tujuan Malaysia

BKSDA Riau Musnahkan 1500 Satwa Belengkas Beku Tujuan Malaysia

28 Oktober 2019
Pemusnahaan Belengkas ilegal beku tujuan Malaysia (Foto: Istimewa/BBKSDA Riau)

Pemusnahaan Belengkas ilegal beku tujuan Malaysia (Foto: Istimewa/BBKSDA Riau)

RIAU1.COM - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memusnahkan 1500 Belengkas ilegal beku tujuan Malaysia yang didatangkan dari Rokan Hilir.


Pernyataan ini diutarakan langsung di halaman kantornya Senin, 28 Oktober 2019.

"Dengan disaksikan Ditpolairud Polda Riau dan Penyidik lainnya kami memusnahakan Belengkas ilegal dengan cara dikubur," sebutnya.

Saat ditangkap satwa ini disimpan dalam 15 kotak fiber yang berisi 100 ekor dengan jumlah 1500 ekor yang telah mati dan dibekukan.

Sebelumnya, Tim Intelair Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Riau, Satpolair Polres Rokan Hilir dan BBKSDA Riau menggagalkan penyelundupan satwa dilindungi jenis Belangkas dari Panipahan Rokan Hilir yang akan dikirim ke negara Malaysia.

Belangkas sendiri diambil darahnya untuk mengetes steril atau tidaknya suatu komponen obat atau vaksin. Serta masih banyak lagi fungsi dan kegunaannya.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan saat diamankan Belangkas sudah mati dan dalam keadaan beku. Penegasan ini diutarakannya, Senin, 28 Oktober 2019.

"Sebelum dilakukan pengiriman, satwa disimpan di gudang sewaan dan disimpan dalam 15 kotak fiber yang masing masing kotak berisi 100 ekor Belangkas," sebutnya.

Totalnya 1500 satwa yang dilindungi yang telah mati dan dalam keadaan beku siap di kirim ke Malaysia.

Agar tidak di salah gunakan, Belangkas tersebut dimusnahkan disaksikan oleh Ditpolairud Polda Riau dan para Penyidik pagi menjelang siang hari ini.