Polres Pelalawan Kerahkan Drone untuk Polsek Antisipasi dan Patroli Karhutla di Udara

Polres Pelalawan Kerahkan Drone untuk Polsek Antisipasi dan Patroli Karhutla di Udara

1 Oktober 2019
AKBP Hasyim menyerahkan Drone kepada Kapolsek untuk patroli Karhutla.

AKBP Hasyim menyerahkan Drone kepada Kapolsek untuk patroli Karhutla.

RIAU1.COM -Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau mengerahkan alat terbang tanpa awak (Drone) dalam upaya antisipasi cepat terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Drone tersebut, ditempatkan disejumlah Kepolisian Sektor (Polsek) di Pelalawan. Gebrakan itu digagas oleh AKBP M Hasyim Risahondua, yang baru beberapa pekan menjabat sebagai Kapolres Pelalawan.

Langkah tersebut akan efektif untuk pencegahan dan antisipasi cepat bila terjadi Karhutla, apalagi titik api jauh di pelosok dengan medan yang berat dijangkau. Drone itu akan dikolaborasikan dengan SDM ditiap Polsek yang ada di Pelalawan.

Alat terbang tanpa awak itu diserahkan langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi usai memimpin apel perdana, Senin 30 September 2019 kemarin. Pada awal ini, Drone diberikan Kapolres untuk dua Polsek.

AKBP Hasyim menyerahkan bantuan berupa dua unit Drone untuk dua Kapolsek, antara lain Pangkalan Kerinci dan Kerumutan. "Tujuannya untuk mempermudah kerja Kapolsek dalam memantau dan mengamati situasi jalan serta wilayah Karhutla," yakin AKBP M Hasyim.

"Pemberian Drone sebagai bentuk penghargaan kepada para Kapolsek yang dinilai indikator kerjanya memenuhi syarat, baik penangganan Karhutlanya, kecepatan mendatangi lokasi dan kerjasamanya dengan masyarakat yang baik dan optimal," sebut dia.

Drone ini sebagai alat pendukung personel di lapangan, yang mampu untuk memantau lokasi dari udara sekaligus juga sebagai penunjuk jalan. Bukan tanpa sebab, karena tidak semua lokasi Karhutla bisa dilalui dengan mulus, karena geografisnya semak belukar, rawa, parit dan sebagainya.

Tentunya dengan fungsi drone, dapat memberikan informasi situasi di area yang dituju kepada personel di darat sehingga lebih mudah mengetahui titik api, dan langkah taktis dalam penanganannya sehingga lebih efektif dan tepat.

"Untuk Polsek yang lainya nanti akan kita lihat dari prestasi mereka. Tidak hanya Polsek, anggota yang berprestasi dalam penangganan Karhutla juga akan diberikan penghargaan, baik memudahkan sekolah, atau mutasi ketempat yang lebih layak" pungkasnya.