Dampak Kabut Asap, Posko Kesehatan PKS Riau 'Diserbu' Masyarakat

Dampak Kabut Asap, Posko Kesehatan PKS Riau 'Diserbu' Masyarakat

18 September 2019
Kondisi Posko kesehatan milik PKS di Riau (Foto: Zar/Riau1.com)

Kondisi Posko kesehatan milik PKS di Riau (Foto: Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM - Salah satu relawan posko kesehatan kabut asap 2019 Riau dari Partai Keadilan (PK) Sejahtera, Ahmad Sukrillah menyebutkan telah terjadi lonjakan jumlah pengunjung setelah pos dibuka untuk umum pada tangal 11 September 2019 lalu.

Dia mengatakan bahkan lonjakan terjadi hingga 200 persen," jika dibandingkan tahun 2015 lalu, lonjakan terjadi hingga 200 persen," sebutnya di pos yang berada di Jalan Soekarno Hatta tersebut.

Untuk hari ini saja, masyarakat yang mengunjungi pos mereka mencapai 637 Kepala Keluarga (KK) dengan pasien yang berobat mencapai 553 orang. Meningkat jika dibandingkan di tahun 2015 lalu.


Data ini belum termasuk pengungsi menginap diantaranya lansia sebanyak dua orang, 41 orang dewasa, 49 anak-anak dan 27 balita dengan total 137 pengungsi.

Alasan mereka mengungsi karena pos menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti makanan hingga udara yang bebas dari kabut asap.

"Fasilitas yang kami miliki ada makan setiap hari, suplemen bagi ibu hamil, bayi, air panas, kopi, teh, wifi, AC dan tentunya air purifire atau alat untuk membersihkan udara di ruangan," jelasnya.