Jumat, 20 September 2019

RIAU

73 Titik Panas Terpantau di 12 Kabupaten di Riau, 2 Daerah Diselimuti Kabut Asap

news24xx


Asap selimuti Pekanbaru (Foto ilustrasi dok Riau1) Asap selimuti Pekanbaru (Foto ilustrasi dok Riau1)

RIAU1.COM -Sebanyak 73 titik panas atau hotspot di Provinsi Riau terpantau citra satelit, Selasa 20 Agustus 2019 pagi. Titik panas tersebut bahkan tersebar diseluruh kabupaten dan kota di Negeri Lancang Kuning.

Tidak cuma itu, kabut asap berbau menyengat juga menyelimuti dua daerah di Riau, antara lain Kota Pekanbaru dan Pelalawan. Di Pekanbaru, kabut asap membuat jarak pandang menurun, hingga berkisar 1,5 kilometer pada Selasa pagi.

Pihak Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mengatakan, kabut asap belum menganggu aktivitas penerbangan, meski membuat jarak pandang menurun dari angka normalnya.



BACA JUGA : Karlahut Masih Belum Tuntas, Ratusan Massa Mahasiswa Unri Kembali Geruduk Kantor Gubernur Riau

Iklan Riau1

Sementara itu, pihak Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, 73 titik panas itu tersebar diantaranya tiga hotspot di Bengkalis, dua hotspot di Meranti, delapan di Kampar, satu titik di Dumai dan dua hotspot di Kuansing.

Kemudian di Rohil sebanyak dua hotspot, Rohul ada tiga titik, Siak satu hotspit, Pekanbaru satu hotspot, Inhu 10, Inhil 17 hotspot dan tertinggi di Pelalawan sebanyak 23 titik panas.



BACA JUGA : GMMK Sebut Pemprov Riau Conkak Tolak Bantukan DKI Jakarta Atasi Karhutla

Dari 73 titik panas itu, 44 titik diantaranya berlevel confidence di atas 70 persen (Merupakan titik api, red), yang muncul salah satu pemicunya akibat terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

44 titik api ini, didominasi di Pelalawan dan Inhil, masing-masingnya 15 titik api dan 12 titik api.





Loading...