Syamsuar Pilih Jawab Ini Saat Diminta Veteran Bangun Monumen Sejarah

Syamsuar Pilih Jawab Ini Saat Diminta Veteran Bangun Monumen Sejarah

15 Agustus 2019
Monumen Rakyat Riau (Foto: Istimewa/Internet)

Monumen Rakyat Riau (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar menyebutkan bahwa Pekanbaru memiliki monumen sejarah perjuangan Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan bangsa ini.


Ucapannya itu menjawab permintaan dari Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Riau Syamsul Djafar saat pertemuan ramah tamah Perintis Kemerdekaan, Veteran, Purnawirawan Wredatama, Warakawuri dan Angkatan 45, Kamis, 15 Agustus 2019.

"Mungkin beliau lupa kalau kita punya monumen. Itu yang didepan (Monumen Rakyat Riau). Saya juga ikut meresmikan waktu menjadi mahasiswa. Ditunjuk untuk menyanyi" imbuhnya.

Dalam monumen Perjuangan Rakyat Riau terdapat patung TNI dan Rakyat berdiri di atas pelataran yang berisi relief perjuangan dalam memperebutkan kemerdekaan.

Selain Monumen Perjuangan Rakyat Riau, menurutnya Pekanbaru juga memiliki monumen sejarah lainnya. Saat ini monumen tersebut sudah tidak lagi berada di depan Kantor Gubernur Riau.

Monumen itu adalah pesawat milik TNI-AU F-86 Avon Sabre. Pesawat ini dikandangkan pasca tragedi jatuhnya pesawat TS-8620 dengan menewaskan pilotnya Mayor Pnb Budiardjo Soerono.

"Nanti kita tanya dulu monumen seperti apa yang diinginkan. Kapal pesawat terbang itu sejarah juga," imbuhnya.