Rabu, 24 Juli 2019

RIAU

Pemerintah Pusat Jamin Riau Tak Sendiri Tanggulangi Abrasi Yang Rusak 3 Pulau Terluar

news24xx


Pertemuan Pemprov Riau dengan perwakilan Menko Maritim (Foto: Zar/Riau1.com) Pertemuan Pemprov Riau dengan perwakilan Menko Maritim (Foto: Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM - Asisten Deputi Lingkungan dan Kebencanaan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Sahat M. Panggabean memastikan bahwa Riau tidak sendiri dalam menanggulangi abrasi parah dari tiga pulau terluarnya.

Tiga pulau itu berada di Kabupaten Bengkalis dan Meranti. Akibat abrasi itu, mengikis daratan sejauh 162 kilometer dari garis pantai.


BACA JUGA : Bela Diri, DAK Fisik Pemprov Riau Baru Hangus 20 Persen


"Kalau untuk anggaran, Pak Gubernur tidak usah memikirkan itu. Yang penting kita bersama-sama mengembalikan kondisi ini seperti semula. Anggaran akan cair ketika tim sudah menyelesaikan kerjanya," sebutnya, Jumat, 12 Juli 2019.

Dana itu nantinya akan bersumber dari APBN juga akan ada berasal dari APBD Riau. Serta bantuan dari Kementerian dan Lembaga yang sama-sama memiliki kepentingan.

"Kerjakan saja tugas untuk memasukkannya ke RPJMN 2020-2024 supaya Kementerian atau Lembaga mau menyusun anggaran buat kita karena ada cantolannya," harapnya.


BACA JUGA : Pemprov Masih Hitung-Hitung Selesaikan Mapolda Riau Yang Baru


Sebelumnya, Provinsi Riau mengaku tak sanggup menanggung semua beban atas aksi pencegahan abrasi di tiga pulau terluar di Riau (Kabupaten Bengkalis dan Meranti) yang sudah mengikis daratan sejauh 162 kilometer dari garis pantai.

Pasalnya, jika daerah tetap menanggung beban ini sendiri, diperkirakannya akan mengganggu jalannya roda pemerintahaan.