Dini Hari Esok, Gubri Lepas Jemaah Calon Haji Asal Riau Ke Tanah Suci

Dini Hari Esok, Gubri Lepas Jemaah Calon Haji Asal Riau Ke Tanah Suci

4 Juli 2019
Ilustrasi keberangkatan Haji (Foto: Istimewa/ Internet)

Ilustrasi keberangkatan Haji (Foto: Istimewa/ Internet)

RIAU1.COM - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Riau Riau, Mahyudin menyebutkan Sabtu, 6 Juli 2019 pukul 02:00 WIB dini hari kloter pertama Jemaah Calon Haji (JCH) asal Riau secara resmi dilepas oleh Gubernur Riau, Syamsuar untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima setelah syahadat, sholat, puasa dan zakat.

Sebelum bertolak ke tanah suci, 5.359 total kuota haji Riau terlebih dahulu singgah di Embarkasi Haji Antara Riau. Dari angka ini, 18 orang dibatalkan lantaran tidak melunasi pembiayaan.

Diperkirakan, pukul 10.30 WIB, Jumat, 5 Juli 2019 jemaah kloter pertama dari Pekanbaru sudah harus berada di embarkasi untuk melakukan pemeriksaan X-Ray.

"Di embarkasi juga jemaah menunggu penjemputan menuju Batam," sebutnya, Kamis, 4 Juli 2019.

Setelah dijemput menggunakan maskapai Lion Air, Mahyudin mengatakan jemaah masih harus menunggu di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam selama empat jam berkaitan dengan antrean keberangkatan.

"Berdasarkan kesepakatan, saat itu jemaah akan diberikan sarapan oleh maskapai Lion Air yang telah memenangkan tender pemberangkatan," imbuhnya.

Dari Batam, jemaah kloter pertama akan di jemput menggunakan maskapai Saudi Airlines menuju Madinah.

Sementara pada 16 Juli 2019, merupakan awal pemberangkatan gelombang pertama jemaah asal Riau yang sudah berada di Madinah menuju Mekah.