Jemaah Haji Asal Pekanbaru Jadi Yang Pertama Rasakan Keuntungan Embarkasi Haji Antara Riau

23 Juni 2019
Gedung Embarkasi Haji Antara Riau (Foto: Zar/Riau1.com)

Gedung Embarkasi Haji Antara Riau (Foto: Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM -Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harofie menyebutkan tuan rumah Kota Pekanbaru menjadi kloter pertama yang merasakan fasilitas Embarkasi Haji Antara Riau.

Hal itu disebutkannya setelah menggelar rapat koordinasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada Kamis silam.

"Setelah rapat koordinasi PPIH kemaren, kebetulan kloter pertama adalah dari Kota Pekanbaru dengan jumlah jemaah 445 orang," sebutnya, Minggu, 23 Juni 2019.

Embarkasi ini disebut mampu memangkas jarak tempuh jika dibandingkan harus menggunakan cara lama yaitu berangkat melalui Kepulauan Riau.

Belum lagi embarkasi ini mampu memangkas biaya perjalanan Rp5-Rp6 juta untuk setiap jemaah. Untuk urusan penginapan, Pemprov Riau hanya memperbolehkan maksimal tiga orang dalam satu kamar. 

Tiap kamar dilengkapi dengan ruangan ber AC plus kipas angin bagi jemaah yang tidak bisa menggunakan ruangan berpendingin.

Selain itu, embarkasi ini juga sudah dilengkapi dengan ruangan tunggu, ruang makan, gudang, musala, ruang pertemuan yang representatif.

Jika tidak berubah, Jemaah Pekanbaru sudah harus berada di embarkasi pada tanggal 6 Juli 2019 mendatang.

"Insha Allah pemberangkatan pertama tanggal 7 juli. Tanggal 6 Juli sudah masuk asrama. Ada informasi juga akan ada percepatan 1 hari dari pusat. Kalau dimajukan, berarti tanggal 5 Juli masuk asrama, tanggal 6 Juli 2019 jemaah berangkat," tegasnya.