Jumat, 21 Juni 2019

RIAU

BBKSDA Riau Iring Kawanan Gajah Serang Kebun Sawit Warga

news24xx


Kawanan gajah liar yang serang kebun sawit di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau (Foto: Istimewa/BBKSDA Riau) Kawanan gajah liar yang serang kebun sawit di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau (Foto: Istimewa/BBKSDA Riau)

RIAU1.COM -Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, menggiring keberadaan kawanan gajah yang melahap perkebunan kelapa sawit milik warga, Selasa, 11 Juni 2019.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono menuturkan perkebunan yang menjadi konflik berada di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

"konflik gajah dengan manusia terjadi kemaren terjadi di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau," sebutnya, Rabu, 12 Juni 2019.


BACA JUGA : Pemprov Riau Lakukan Antisipasi Ini Jika DBH Triwulan IV 2019 Tak Disalurkan




BACA JUGA : Benarkah Tahun 2020 Bank Riau Kepri Berkonversi Menjadi Syariat ?


Mendapatkan laporan keberadaan hewan dilindungi itu, mereka langsung menggelar rapat untuk menggiring empat ekor gajah liar yang memakan tanaman sawit warga berumur dua sampai lima tahun.

"Kemaren kami melakukan rapat dan koordinasi bersama pejabat setempat dan stakeholder yang terlibat serta masyarakat terdampak untuk melakukan survey jalur penggiringan menggunakan gajah terlatih," sebutnya.

Setelah jalur disepakati, BBKSDA Riau bersama dengan WWF dan Yayasan TNTN melakukan penggiringan satwa tersebut. Dengan teknis penggiringan menggunakan gajah latih menuju kantong gajah di Tesso Nilo.

"Penggiringan kami lakukan hari ini menuju kantong gajah Tesso Nilo dengan jarak 15 km dari lokasi kejadian," tegasnya.