Minggu, 21 Juli 2019

RIAU

Jelang Ramadhan, Harga CPO Sawit Riau Naik

news24xx


Ilustrasi  Ilustrasi

RIAU1.COM - Bulan ramadhan yang semakin dekat ternyata juga membawa berkah bagi para petani sawit. Hal ini karena medekati bulan puasa, permintaan produk turunan minyak sawit meningkat, yang tentunya juga berpengaruh pada meningkatnya harga crude palm oil (CPO) menjadi Rp 7.007,36 per kilogram.

Kepala seksi Pengolahan & Pemasaran Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan Provinsi Riau Tengku Neni Mega Ayu mengatakan, secara eksternal, peningkatan harga CPO juga terdongkrak akibat pelemahan harga tukar nilai ringgit.



BACA JUGA : 18 Titik Panas Terpantau di Riau, Berikut Prakiraan Cuaca Hari Ini



"Jika ringgit melemah maka harga CPO menjadi relatif lebih murah bagi pemegang mata uang lain. Alhasil daya tarik CPO sedikt terdongkrak di mata pelaku pasar" ujar Neni, Selasa (16/4/2019).

Neni juga mengatakan, peningkatan konsumsi domestik juga ikut memberi pengaruh terhadap kenaikan harga CPO munggu ini.



BACA JUGA : Jemaah Haji Asal Rohul Jadi Yang Pertama Langsung Menuju Mekkah



Kemudian, di sisi internal, harga jual CPO dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data juga diketahui kembali naik. Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp 123,75 per Kg dan Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar harga sebesar Rp 19,08 per Kg.

Kemudian, untuk Astra Agro Lestari Group juga mengalami kenaikan harga sebesar Rp 122,73 per Kg,  Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 120,29 per Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 101,25/Kg dari harga minggu lalu.

Adapun harga TBS Kelapa Sawit minggu ini berada pada kisaran Rp1.512,74 per kg. Angka ini mengalami kenaikan harga sebesar Rp 2,69 per Kg atau mencapai 0,18 persen dari harga minggu lalu.