Kamis, 25 April 2019

RIAU

3 Kabupaten di Riau 'Membara', Titik Panas Terpantau Alami Peningkatan

news24xx


Foto ilustrasi Foto ilustrasi

RIAU1.COM -Citra satelit memantau adanya peningkatan titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau pada Selasa 12 Februari 2019 pagi. Setidaknya ada tiga kabupaten yang terdeteksi adanya Hotspot.

Menurut data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada 11 titik panas terpantau di Riau, dengan level confident (kepercayaan, red) di atas 50 persen.

Itu menyebar diantaranya dua Hotspot di Kabupaten Kepulauan Meranti, dua Hotspot di Pelalawan dan terbanyak di Kabupaten Bengkalis sebanyak tujuh titik panas.



BACA JUGA : Polda Riau Siapkan Pengamanan untuk Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan 27 April 2019

Jumlah titik panas tersebut, lebih banyak bila dibanding beberapa hari sebelumnya. Termasuk jumlah titik panas dengan level confident di atas 70 persen (Merupakan titik api).

Titik api tersebut, salah satu pemicunya adalah akibat adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Jika tak segera diantisipasi, tentunya berpotensi menyebar luas.



BACA JUGA : Harga TBS Sawit Riau Minggu Turun Rp24,37 per Kg

Untuk titik panas berlevel confident di atas 70 persen, ada sebanyak sembilan spot, diantaranya satu di Kepulauan Meranti, dua titik di Pelalawan dan enam titik di Kabupaten Bengkalis.

Selain di Riau, titik panas juga terpantau dibeberapa provinsi di Pulau Sumatera, diantaranya Lampung satu Hotspot dan Kepulauan Riau (Kepri) lima titik panas.