13 Sekolah Bersiap Rebut Piala Bergilir Gubernur Riau di Lomba LCTP

13 Sekolah Bersiap Rebut Piala Bergilir Gubernur Riau di Lomba LCTP

24 Agustus 2024
Para peserta LCTP yang digelar Kanwil DJP Riau. Foto: Istimewa.

Para peserta LCTP yang digelar Kanwil DJP Riau. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau menggelar kegiatan Lomba Cepat Tepat Perpajakan (LCTP) bulan ini. LCPT ini merupakan wujud kepedulian Kanwil DJP Riau terhadap pelaksanaan inklusi perpajakan dalam bentuk Tax Goes To School (TGTS) sebagai salah satu agenda tahunan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk nyata kerja sama antara kamk dengan pemerintah daerah dan sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Riau. Tahun ini, LCTP digelar sekaligus untuk memperingati Hari Pajak dan HUT ke-67 Provinsi Riau," kata Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Bambang Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/8/2024).

 Materi yang diperlombakan adalah Struktur dan Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pajak daerah yang dikelola pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota. Materi hak dan kewajiban perpajakan pajak pusat seperti Pengantar Ilmu Perpajakan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penghasilan (PPh).

TGTS dilaksanakan pada hampir semua jenjang pendidikan mulai dari usia dini (TK/ PAUD), SD, SMP dan SMA. TGTS ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme sekaligus menanamkan kesadaran mengenai arti penting pajak bagi pembangunan negara.

TGTS difokuskan bagi siswa dan siswi level Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dikemas dalam bentuk LCTP. Tujuan utama dari pelaksanaan LCTP adalah untuk mengedukasi perpajakan secara masif, memperkenalkan dasar perpajakan dalam bentuk yang menarik, dan memberikan konsep edukasi yang dinamis. 

Sebelumnya lomba telah digelar di tingkat kabupaten dan kota dengan total peserta sebanyak 485 sekolah dari seluruh penjuru Riau. Jumlah ini meningkat dari pelaksanaan LCTP tahun lalu dengan peserta sebanyak 436 sekolah. 

"Satu sekolah terbaik dari setiap kabupaten dan kota serta Best Runner Up atau sekolah yang memperoleh skor tertinggi di luar juara akan kembali bertemu di tingkat provinsi untuk bertanding dan memperebutkan Piala Bergilir dari Gubernur Provinsi Riau dengan total 13 sekolah," ungkap Bambang.

Sebanyak 13 sekolah tersebut antara lain, SMA Darma Yudha Pekanbaru, SMA Santo Tarcisius Dumai, SMA Bintang Laut Rokan Hilir, SMK Negeri 1 Rengat Indragiri Hulu. Kemudian, SMA Negeri 1 Tembilahan Indragiri Hilir, SMA Negeri 1 Teluk Kuantan, SMA Negeri 1 Bengkalis, SMA Kalam Kudus Selat Panjang, SMK Yum Pesantren Teknologi Riau Kampar, SMA Negeri 1 Rambah.

Selanjutnya, SMA Mutiara Harapan Pelalawan, SMA Negeri 1 Tualang Siak, dan SMA Plus Taruna Andalan Pelalawan (Best Runner Up). Final LCTP akan digelar di Aula Gedung Dang Merdu BRK Syariah Pekanbaru pada 29 Agustus.