Survei Terbaru Trust Indonesia di Pekanbaru, Ungkap Tren Kenaikan Elektabilitas Parpol

29 September 2024
Direktur Trust Indonesia Ahmad Fadli. Foto: Surya/Riau1.

Direktur Trust Indonesia Ahmad Fadli. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Trust Indonesia telah memakukan survei di Pekanbaru pada 7-10 September 2024. Hasil survei itu, ada tren kenaikan elektabilitas partai politik (parpol) jelang Pemilihan Kepala Daera (Pilkada) pada 27 November.

Direktur Trust Indonesia Ahmad Fadli di Hotel The Zuri, Rabu (25/9/2024), memaparkan hasil survei terbaru yang menunjukkan perubahan signifikan dalam preferensi politik masyarakat. Survei ini melibatkan 1.200 responden, dengan ukuran sampel yang konsisten, sehingga memberikan gambaran jelas tentang tren politik terkini.

"Hasil survei menunjukkan bahwa Partai Demokrat mengalami peningkatan elektabilitas dari 18,2% pada survei sebelumnya menjadi 19,6% pada bulan September ini. Kenaikan ini menunjukkan tren positif bagi partai tersebut," katanya.

Tidak hanya Demokrat, partai lain seperti PKS, Golkar, PKB, PAN, NasDem, dan PDIP juga mengalami kenaikan elektabilitas. Tren positif ini mungkin disebabkan oleh kader-kader partai yang mencalonkan diri sebagai wali kota atau bupati.

Kenaikan elektabilitas partai-partai tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kader partai mencalonkan diri sebagai wali kota atau bupati. 

Kedua, pengaruh calon. Meskipun ada calon yang diberitakan terindikasi korupsi, hal ini tidak selalu mempengaruhi elektabilitas partai secara keseluruhan.

Ketiga, visi dan misi partai. Pemilih cenderung memilih partai berdasarkan visi dan misi, serta tantangan yang dihadapi partai.

"Survei ini juga menunjukkan bahwa meskipun ada kenaikan elektabilitas partai, pemilih masih bisa berubah pilihan tergantung pada calon yang diajukan oleh partai untuk posisi wali kota atau bupati," ujar Fadli.

Dalam survei ini, Trust Indonesia menggunakan simulasi surat suara untuk mengukur preferensi pemilih terhadap lima pasangan calon yang akan maju dalam pemilihan. Hasilnya menunjukkan bahwa pemilih memiliki kecenderungan untuk memilih berdasarkan nomor urut calon.

Survei terbaru ini memberikan gambaran jelas tentang preferensi politik masyarakat Indonesia saat ini. Kenaikan elektabilitas partai-partai besar menunjukkan adanya perubahan dinamis dalam politik Indonesia, yang dipengaruhi oleh kader partai dan calon-calon yang diajukan. Ke depan, Trust Indonesia akan terus memantau tren ini untuk memberikan informasi yang akurat kepada publik.