Koalisi Jokowi Setuju Bila Ia Akan Memilih Calon Wakil Presidennya Sendiri

24 Juli 2018
Makan malam bersama enam partai politik

Makan malam bersama enam partai politik

Riau1.com -  Enam partai politik berdiri di belakang Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mendukungnya kembali menjadi presiden yang kedua kali. Pertemuan itu dihadiri oleh Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ketua Megawati Soekarnoputri, Ketua Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan ketua Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Ini adalah pertama kalinya semua pemimpin partai koalisi duduk bersama sejak mereka menyatakan dukungan mereka untuk Jokowi.

“Koalisi bulat, calon wakil presiden ada di tangan presiden. Hanya ada satu nama yang tersisa, ”kata Oesman setelah pertemuan sebagaimana dikutip oleh kompas.com. "Itu mungkin diumumkan dalam satu atau dua minggu kedepan untuk menghindari spekulasi."

Airlangga mengatakan Presiden sendiri yang akan memutuskan kapan ia mengumumkan nama kandidat tersebut.

"Ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat karena ini terkait dengan strategi politik, dan tentu saja, kami memiliki cara berkomunikasi yang berbeda kepada publik," katanya.

"[Kandidat wakil presiden] kemungkinan besar akan diumumkan pada hari terakhir pendaftaran kandidat [presiden], bukan pada hari pertama," kata Romahurmuziy sebagaimana dikutip oleh tempo.co, menambahkan bahwa akan ada pertemuan lanjutan segera.

“Pasti akan ada pertemuan lanjutan setelah ini. Insya Allah, pada awal Agustus kita akan bersama lagi, ”katanya.

Foto pertemuan itu diposting di akun Instagram resmi Jokowi dengan caption ,"Masalah bangsa tidak dapat diselesaikan hanya oleh satu atau dua orang. Kebersamaan dan persatuan adalah aset penting bagi bangsa saat ini. ”

 

 

 

 

 

R1/PAR