PSU Rohul, Pengamat Sebut Hafith Syukri-Erizal Berpeluang Menang di Pilkada Inhu

25 Maret 2021
Panca Setyo Prihatin

Panca Setyo Prihatin

RIAU1.COM -Pengamat politik Universitas Islam Riau (UIR) Panca Setyo Prihatin angkat bicara soal peluang kemenangan pasangan Hafith Syukri-Erizal melawan Incumbent Sukiman-Indra pada pemungutan suara ulang (PSU) di 25 TPS di kelurahan Tambusai kabupaten Inhu nantinya.

Menurutnya dengan melihat selisih suara antara kedua paslon 2148 semua hal itu katanya bisa terjadi termaksud peluang kemenangan Hafith Syukri-Erizal dari Sukiman-Indra yang kemarin unggul pada putusan KPU namun dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). 

"DPT 3580 dan selisih suara 2148, artinya segala sesuatu masih bisa terjadi,"katanya. Kamis 25 Maret 2021.

Tapi yang jelas jika ingin merebut suara dari Incumbent katanya, partai politik pendukung dan tim pemenangan pasangan Haifth Sukri - Erizal harus bisa intens merubah peta politik disana agar bisa memenangkan PSU tersebut.

"Memang untuk merubah itu memang berat karna dari hasil pilkada lalu paslon Sukiman dan wakil meraup 2000 an lebih suara tapi situasi ini bisa saja berubah, karena tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. Tentu segala macam upaya akan dilakukan untuk memenangkan PSU ini,"ujarnya.

Dan untuk melawan incumbent yang memiliki potensi sumber daya yang kuat dan sistematis tambahnya bisa dilawan dengan isu-isu dan fakta-fakta di kepemimpinannya selama ini seperti kelemahan selama memimpin negeri seribu suluk, hingga isu politik identitas yang bisa dimainkan agar bisa mendapatkan dukungan suara.

Diberitakan sebelumnya MK memutuskan 25 TPS di Kabupaten Rokan Hulu, melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

MK menilai terjadi sejumlah pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif di 25 TPS tersebut. Maka dari itu dalam 30 hari kedepan MK memerintahkan KPU melakukan PSU.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto mengatakan bahwa terdapat 3580 pemilih di 25 TPS yang di PSU tersebut.

Pemilih laki-laki 1876, pemilih perempuan 1704. Untuk diketahui, selisih suara Sukiman - Indra Gunawan san Hafith Syukri - Erizal adalah 2148.

Sebelumnya, KPU Rohul menetapkan pasangan Sukiman- Indra Gunawan sebagai pemenang Pilkada Rohul. Mereka meraih perolehan suara terbanyak yakni 92.394 suara atau 39,25 persen.

Sementara pasangan Hafith Syukri-H Erizal meraih perolehan suara 90.246 suara atau 38,33 persen.