Puan Maharani Ajak Perempuan Indonesia Berpolitik

Puan Maharani Ajak Perempuan Indonesia Berpolitik

20 Oktober 2020
Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Istimewa/internet)

Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak wanita di Tanah Air beramai-ramai agar mau terjun ke dunia politik.

Ajakannya itu lantaran sudah banyak wanita-wanita di belahan dunia lainnya termasuk Indonesia sukses di dunia politik dikutip dari beritasatu.com, Selasa, 20 Oktober 2020.

Salah satunya adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini," banyak perempuan Indonesia juga sudah berhasil menjadi kepala daerah selama ini, seperti Bu Risma di Surabaya yang saat maju di Pilkada diusung oleh PDI Perjuangan," terangnya.

Menurutnya, wanita Indonesia mulai dipandang di dunia politik setelah ibunya, Megawati Soekarnoputri menjadi perempuan pertama yang dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada 23 Juli 2001.

"Saat ada yang bicara bahwa peran perempuan di politik selalu dibatasi oleh glass ceiling, sesungguhnya glass ceiling politik bagi perempuan Indonesia sudah diruntuhkan di hari Ibu Megawati dilantik menjadi Presiden," jelasnya.

Dibuktikan dengan banyak yang dicapai perempuan Indonesia sesudah era itu. Di antaranya adalah peningkatan jumlah perempuan yang terpilih menjadi anggota DPR.

Pada periode 2014-2019 sekitar 17 persen anggota DPR adalah perempuan, periode 2019-2024 jumlah perempuan yang menjadi anggota DPR meningkat menjadi sekitar 21 persen.