Kelamnya Resesi Ekonomi Indonesia Tahun 1998

Kelamnya Resesi Ekonomi Indonesia Tahun 1998

4 Agustus 2020
Ilustrasi penjarahaan 1998 (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi penjarahaan 1998 (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Republik Indonesia pernah tercatat melakukan resesi ekonomi di tahun 1998. Padahal, selama bertahun-tahun negara ini mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif.

Dampak terburuk dari resesi tersebut runtuhnya kekuasaan Orde Baru yang terjadi selama 32 tahun dinukil dari kompas.com, Selasa, 4 Agustus 2020.

Semuanya terjadi di tahun 1997. Krisis yang semula hanya berawal dari krisis nilai tukar baht di Thailand berkembang menjadi krisis ekonomi di Asia Tenggara.

Berimbas pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang minus selama 6 bulan. Berikutnya masih minus di sembilan bulan pertama tahun 1998.

Lantaran kondisi seperti ini, pemerintah langsung meminta bantuan Dana Moneter Internasional yang ternyata tak membantu apa-apa.

Loading...

Malahan menambah besarnya utang luar negeri Indonesia dalam bentuk valuta asing seperti utang pemerintah, BUMN, dan swasta.

Imbasnya ratusan perusahaan bangkrut, PHK besar-besaran terjadi, harga melambung tinggi, jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan meningkat 50 persen akibat resesi ekonomi.

Untuk diketahui resesi adalah fenomena alamiah menimpa perekonomian sebuah negara. Ditandai dengan kontraksi aktivitas ekonomi selama beberapa bulan setelah fase ekspansi.