Gibran Putra Jokowi Tunggu Statemen Hasto Kristiyanto Soal Dukungan PDIP di Pilkada Solo

Gibran Putra Jokowi Tunggu Statemen Hasto Kristiyanto Soal Dukungan PDIP di Pilkada Solo

15 Januari 2020
Gibran Rakabuming saat sosialisasi di Komunitas Pelukis Solo, Selasa.

Gibran Rakabuming saat sosialisasi di Komunitas Pelukis Solo, Selasa.

RIAU1.COM - Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, belum menanggapi serius pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto,  yang mendukung anak muda terjun politik menjadi kepala daerah.

Gibran yang ikut sebagai bakal calon Walikota Solo,  tak mau buru-buru senang, sembari menantikan pernyataan Hasto dalam sikap resmi PDI Perjuangan, siapa yang diusung nantinya. 

 

"Ya sudah, kita tunggu saja statemen resminya," kata Gibran, Selasa (14/1), seperti dilansir CNN Indonesia. 


Gibran mengaku hingga saat ini belum mendengar kabar dari DPP PDIP mengenai pengumuman rekomendasi untuk Pilkada Solo 2020.

Ia bahkan belum membaca berita yang mengabarkan pernyataan Hasto tersebut.

Menurut Gibran, saat fit and proper test di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah di Semarang Desember lalu, PDIP telah memberitahukan tahapan penjaringan bakal calon kepala daerah.

"Saya belum dipanggil. Waktu fit and proper test sudah diberitahu kalau akan dipanggil sekiranya dapat rekomendasi," katanya.

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan jika menjadi Wali Kota Solo, putra Presiden Joko Widodo itu mengatakan bakal melanjutkan pekerjaan Wali Kota FX Rudy Hadyatmo, salah satunya penataan daerah Sriwedari,

"Ya yang baik-baik diteruskan saja," kata Gibran.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di bawah kepemimpinan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo telah menyusun master plan penataan kawasan Sriwedari.

Menurut Gibran, rencana penataan yang disusun Pemkot Solo sudah cukup baik.

"Master plan-nya kan ada. Ya sesuai master plan saja," katanya.


Seperti diketahui, selain Gibran, santer kandidat kuat dari PDIP untuk Pilkada Solo adalah Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Purnomo kini menjabat Wakil Wali Kota Solo.

Meski beberapa hari lalu santer diberitakan PDIP bakal mengusung calon muda untuk Pilkada Solo, Purnomo tetap optimistis rekomendasi itu akan jatuh ke tangannya.

"Ya harus optimis. Mosok mau pesimis," kata pria 71 tahun itu.

 

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP membuka ruang bagi anak-anak muda untuk maju di Pilkada 2020, termasuk putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

"Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil," kata dia usai gelaran Rakernas PDIP 2020, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/1).

R1 Hee.