Jenderal TNI Purn Fachrul Razi: Saya Bukan Menteri Agama Islam

Jenderal TNI Purn Fachrul Razi: Saya Bukan Menteri Agama Islam

23 Oktober 2019
Sertijab Menteri Agama dari Lukman Hakim Saefuddin kepada Fachrul Razi, Rabu.

Sertijab Menteri Agama dari Lukman Hakim Saefuddin kepada Fachrul Razi, Rabu.

RIAU1.COM - Setelah dilantik menjadi Menteri Agama, Jenderal TNI Purn Fachrul Razi langsung menyambangi kantornya di Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10) siang.

Fachrul Razi langsung mengikuti acara serah terima jabatan (Sertijab) dengan Menteri Agama periode sebelumnya, Lukman Hakim Saifuddin.

 

Dalam sambutannya, Fachrul mengatakan akan melanjutkan apa yang selama ini telah dilakukan Menag sebelumnya.

Dia menilai capaian Kementerian Agama selama ini cukup baik dan merasa beruntung ditempatkan di kementerian ini.

"Saya tidak mau start dari nol kok. Mungkin kalau kita mau menilai sampai 10, 7-8 sudah dilakukan teman-teman tinggal kita coba melanjutkan sama-sama," jelasnya.

Dia pun menegaskan bahwa dirinya tak ingin dianggap sebagai Menteri Agama Islam, melainkan Menteri Agama Republik Indonesia. Mengingat agama resmi di Indonesia tak hanya Islam.

"Tapi memang kita harus sepakat bahwa teman-teman tanya 'Pak Fachrul Menteri Agama ya?' Iya, tapi saya bukan Menteri Agama Islam, saya Menteri Agama Republik Indonesia. Di dalamnya ada agama-agama lain," tegasnya, seperti dilansir merdeka.com. 

Namun demikian dalam melaksanakan tugasnya, mantan Wakil Panglima ABRI ini mengatakan akan menggunakan pendekatan Islam.

Loading...

Hal itu menurutnya wajar karena mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pemeluk Islam.

"Tapi kalau di dalamnya saya gunakan pendekatan Islam wajar-wajar saja karena memang Islam adalah agama yang dipeluk oleh mayoritas," jelasnya.

 

Dalam acara sertijab, Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan memori jabatan terkait sejumlah program yang telah dilaksanakan sebelumnya. Termasuk sejumlah PR yang belum tuntas.

Fachrul mengatakan akan membaca dan mempelajari memori jabatan tersebut sebelum besok pagi akan mengikuti sidang kabinet pertama.

R1 Hee.