Soal Cuitan untuk Wiranto, Fraksi PAN DPRD DIY: Kami Hormati Pendapat Hanum Rais

Soal Cuitan untuk Wiranto, Fraksi PAN DPRD DIY: Kami Hormati Pendapat Hanum Rais

14 Oktober 2019
Hanum Rais (sebelah kanan).

Hanum Rais (sebelah kanan).

RIAU1.COM - Apa yang disampaikan Hanum Rais soal cuitan terhadap Wiranto adalah pendapat pribadi dan tidak melanggar aturan partai PAN. 

Politisi PAN, Hanum Salsabila Rais, anggota DPRD DIY dilaporkan ke polisi oleh organisasi relawan Jam'iyyah Jokowi-Ma'ruf terkait cuitan terhadap serangan kepada Menko Polhukam Wiranto sebagai bentuk rekayasa. 

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DIY menilai apa yang dilakukan Hanum Rais tidak melanggar aturan partai maupun aturan sebagai anggota dewan. 

 

Meski demikian, Fraksi PAN akan menghormati segala proses yang berlaku menyangkut pelaporan putri politikus senior Amien Rais tersebut.

"Kami hormati yang melaporkan Mbak Hanum, kami hormati pendapat Mbak Hanum, dan kami hormati proses hukum yang berlaku," ujar Ketua Fraksi PAN DPRD DIY Suharwanta Senin (14/10/2019), seperti dilansir bisnis.com 

Suharwanto menilai jika polemik yang terjadi setelah cuitan Hanum dan proses hukum yang mengikutinya dianggap pihaknya jadi bagian pendewasaan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Suharwanta mengatakan sikap partainya pada cuitan Hanum sebenarnya sudah jelas.

Hanum dinilai tak melanggar aturan apapun dalam partai. Sehingga persoalan itu sejauh ini masih diserahkan kepada Hanum pribadi.

"Saya kira tak ada aturan partai yang dilanggar [terkait cuitan Hanum]," ujarnya.

PAN, ujar Suharwanta tak pernah membatasi anggotanya mengeluarkan pendapatnya. Hanum tak hanya dihormati haknya sebagai kader partai, tapi juga sebagai warga negara.

Suharwanta yang juga Wakil Ketua DPRD DIY memandang pula sebagai anggota DPRD, cuitan Hanum tak melanggar apapun beleid yang mengatur posisinya sebagai anggota dewan.

Loading...

"Sebagai anggota dewan [Hanum] juga tak melanggar koridor apapun yang diatur dalam perundang-undangan tentang kebebasan berpendapat, itu hak pribadi dan tak terkait dengan tugasnya sebagai wakil rakyat," ujarnya.

Suharwanta mengakui belum secara khusus berkomunikasi dengan Hanum menyangkut masalah yang melilitnya.

Pihaknya tak mau berandai-andai apakah Hanum akan berlanjut proses hukumnya atau tidak.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIY sendiri tak ambil pusing terkait kasus yang tengah dihadapi Hanum.

"Itu kan cuitan di akun pribadi [Hanum]," ujar Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin.

 

Nazaruddin mengisyaratkan jika PAN DIY belum akan mencampuri atau bersikap dulu pada kasus yang dihadapi kadernya itu. Nazaruddin meminta langsung mengonfirmasi ihwal kasus itu pada Hanum.

"Tanya yang bersangkutan saja," ujar Nazaruddin yang masih belum banyak beraktivitas di luar karena pemulihan kakinya pasca operasi yang dijalaninya.

Hanum sendiri masih belum bersuara hingga saat ini.

R1 Hee.