Presiden Jokowi, Putra dan Cucunya Kompak Kenakan Pakaian Adat Bali

Presiden Jokowi, Putra dan Cucunya Kompak Kenakan Pakaian Adat Bali

17 Agustus 2019
Presiden Jokowi, Putranya Gibran Rakabuming Raka dan Cucunya Jan Ethes di Istana Merdeka, Sabtu.

Presiden Jokowi, Putranya Gibran Rakabuming Raka dan Cucunya Jan Ethes di Istana Merdeka, Sabtu.

RIAU1.COM - Ada yang menarik di peringatan HUT RI kali ini. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Provinsi Bali ketika menghadiri Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI di halaman Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019).

Jokowi yang datang bersama cucunya, Jan Ethes dan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka ini kompak mengenakan setelan adat Bali.

Jika Jokowi mengenakan baju yang didominasi warna gelap, Gibran justru memakai baju warna putih, dan Ethes memakai baju berwarna kuning, lengkap dengan ikat kepalanya.

 

"Kita kan sudah 5 tahun ini sudah ganti-ganti [pakaian adat]. Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Hawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua," ujarnya ringan, Sabtu (17/8/2019), seperti dilansir bisnis.com. 

Lain lagi dengan Ibu Iriana Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat dari Suku Batak Simalungun dominasi warna merah.

Sebagai informasi, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Provinsi Aceh ketika menghadiri Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73 pada tahun lalu.

Menurutnya, keputusannya mengenakan beragam pakaian adat dari sejumlah provinsi di Indonesia untuk mencerminkan bahwa Indonesia kaya akan budaya.

 

"Kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan, jumlahnya ribuan, nanti sampai ke Maluku, Papua semua akan kita ya," jelasnya.

Ketika disinggung mengenai siapa pemenang baju adat kali ini, Jokowi pun menjawab sambil tertawa," Mas Ethes."

R1/Hee