Minggu, 22 September 2019

POLITIK

Tim Hukum KPU: Diskualifikasi Paslon 01 Kemungkinan Bisa Saja Terjadi, Asalkan...

news24xx


Ketua tim kuasa hukum KPU, Ali Nurdin Ketua tim kuasa hukum KPU, Ali Nurdin

RIAU1.COM - Dalam gugatan yang diajukan Tim hukum Prabowo-Sandi terkait sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi, salah satu tuntutannya pasangan capres dan cawapres 01 didiskualifikasi.

Menyoal permintaan tersebut, Ketua Tim kuasa hukum KPU untuk PHPU, Ali Nurdin mengatakan, hal itu kemungkinan  bisa terjadi dengan dua syarat, yakni soal syarat calon dan soal pelanggaran terstruktur, masif dan sistematis (TSM) yang mengancam demokrasi.



BACA JUGA : Nur Asia Uno Bakal Saingi Putri Maruf Amin di Pilkada Tangsel, Sandiaga Tak Hambat Karir Istrinya

Iklan Riau1

Ali mengungkapkan, MK hanya satu kali pernah memutuskan dengan dasar TSM yang mengancam demokrasi. Hal ini terjadi pada Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Di daerah itu (Kotawaringin Barat) pernah ada ancaman dan intimidasi kepada pemangku kepentingan sehingga mempengaruhi masyarakat menjadi tidak bisa memilih sesuai hati nuraninya," kata Ali dilansir Republika.co.id, Rabu 12 Juni 2019.



BACA JUGA : Partai Gerindra Jalankan Putusan Pengadilan, Mulan Jameela Ditetapkan sebagai Anggota DPR

"Kalau Pilpres 2019 ini kan, daerah mana yang diancam menggunakan hak pilih atau merasa tidak bebas? Kan tidak ada," sambungnya.

Ali melanjutkan, untuk menghadapi sengketa PHPU ini, pihaknya tetap menyiapkan bahan yang merujuk kepada fakta tahapan pemilu. Diantaranya, soal penyusunan daftar pemilih.





Loading...