Situng KPU Salah Input Lagi?, Data TPS 03 Pematang Ibul Bangko Pakai C1 TPS 07

Situng KPU Salah Input Lagi?, Data TPS 03 Pematang Ibul Bangko Pakai C1 TPS 07

24 April 2019
Foto C1 TPS 03 Pematang Ibul, Salinan C1 TPS 07 Pematang Ibul yang digunakan KPU untuk input data Situng TPS 03

Foto C1 TPS 03 Pematang Ibul, Salinan C1 TPS 07 Pematang Ibul yang digunakan KPU untuk input data Situng TPS 03

RIAU1.COM - Saksi Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, untuk wilayah Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau kembali menemukan keanehan pada sistem penghitungan (situng) suara di website resmi KPU RI.

Seperti yang terjadi untuk hasil penghitungan suara TPS 03, Kelurahan Pematang Ibul, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil, dimana hasil penghitungan suara kedua kandidat tidak sesuai dengan formulir C1 yang diperoleh saksi dari TPS 03.

Pada website KPU, untuk TPS 03, Kelurahan Pematang Ibul, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil, Prabowo-Sandi meraih 12 suara dari total suara sah sebanyak 143, dan petahana 131 suara.

Data pada situng KPU tersebut tidak sesuai dengan foto C1 asli yang diterima Riau1.com dari saksi Prabowo-Sandi, yang ternyata jumlah suara sah 246, dan Prabowo-Sandi meraih 186 suara, sedangkan petahana hanya 69 suara.

Dari penelusuran Riau1.com pada website KPU, ternyata salinan C1 pada TPS 03, Kelurahan Pematang Ibul, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil merupakan C1 dari TPS 07 yang kemudian di-input ke TPS 03.

Loading...

Sontak hal ini menuai protes dari saksi Prabowo-Sandi di TPS 03, Kelurahan Pematang Ibul, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil, Bambang.

"Dari pihak KPPS TPS 03 sudah berusaha untuk menghubungi KPU agar segera memperbaiki datanya. Tapi, sampai sekarang ini masih belum diperbaiki," kata Bambang kepada Riau1.com.

Seperti yang diketahui, kesalahan input data perolehan suara Pilpres 2019 oleh situng KPU ini tidak hanya terjadi kali ini saja. Namun sudah kerap ditemukan, dan anehnya akibat kesalahan input ini, suara 02 selalu mengalami pengurangan.