Model Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam Desa Kemang Pelalawan Dinilai Istimewa, Berikut Penjelasannya

Model Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam Desa Kemang Pelalawan Dinilai Istimewa, Berikut Penjelasannya

23 Desember 2021
Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Pelalawan

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Pelalawan

RIAU1.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pelalawan, Rabu (22/12).

Kunjungan kerja Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dimulai dari penanaman pohon buah di lokasi model Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam (UPSA) yang berada di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras. 

Pembangunan modal UPSA merupakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan skala model dengan memadukan teknik vegetatif dan konservasi tanah sederhana dengan memperhatikan kemampuan dan kesesuaian lahan.

Pembangunan UPSA Desa Kemang dimulai pada bulan Oktober 2021 yang diawali dengan proses penataan areal berupa pembersihan lahan, pembuatan teras, saluran dan guludan. Selanjutnya dilakukan penanaman dan pemeliharaan tahunan berjalan. Semua dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi.

"Saya yakin wanita-wanita Sumatera kususnya Riau itu kuat-kuat dan hebat-hebat, karena saya juga orang orang Sumatera," kata Siti Nurbaya Bakar saat berbincang-bincang dengan KWT Srikandi.

Loading...

Untuk diketahui, lahan itu merupakan milik Bupati Pelalawan. Lahan Zukri Misran yang dijadikan sebagai tempat pembangunan UPSA tersebut untuk memberi contoh nyata kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pelalawan mengenai upaya pelestarian lingkungan dan sumber daya alam serta pemanfaatan lahan tanpa harus menanam sawit.

Saat mendampingi Menteri LHK, Wagubri Edy Natar Nasution juga berharap model Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam yang berada di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras, bisa dicontoh warga lainnya.*