Bupati Zukri dan Wabup Nasaruddin Resmi Sandang Gelar Datuk

Bupati Zukri dan Wabup Nasaruddin Resmi Sandang Gelar Datuk

9 Desember 2021
Saat prosesi penabalan

Saat prosesi penabalan

RIAU1.COM - Bupati Pelalawan, Zukri Misran dan Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin dianugerahi penabalan Datuk Setia Amanah Adat dengan gelar Datuk Sri Setia Amanah Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan dan Timbalan Datuk Setia Amanah Adat bergelar Datuk Sri Timbalan Setia Amanah Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/12).

Penabalan Datuk Setia Amanah Adat dan Timbalan Datuk Setia Amanah Adat dilakukan dalam prosesi adat Melayu karena dianggap telah melaksanakan tanggung jawab sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sesuai amanah yang telah diberikan masyarakat Kabupaten Pelalawan. 

Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan Tanjak oleh Sultan Pelalawan ke-10 Assayyaidis Syarif Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan, pemasangan salempang oleh Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAM Riau, Syahril Abu Bakar. 

Usai upacara penabalan, Bupati Pelalawan Zukri Misran mengucapkan terima kasih atas gelar sebagai Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan. 

"Tugas mulia ini bukanlah suatu beban, tugas mulia ini mengandung arti sangat berat yang mana tidak semua orang sanggup memikulnya," kata Zukri. 

Loading...

Dengan gelar tersebut, diharapkan mampu mewujudkan keinginan masyarakat adat Kabupaten Pelalawan yang selama ini terus menjaga dan melestarikan budaya Melayu dengan nilai luhur, harkat dan martabat tinggi di Negeri Melayu Lancang Kuning. 

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar juga mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan yang baru saja ditabalkan.

"Semoga amanah gelar Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan dan perangkat yang diberikan dapat dijalankan dengan baik," pesan Gubri Syamsuar.*