Polsek Ukui Pelalawan Kawal Proses Vaksinasi di Puskesmas, Sudah Disuntik Vaksin Sinovac

Polsek Ukui Pelalawan Kawal Proses Vaksinasi di Puskesmas, Sudah Disuntik Vaksin Sinovac

26 Januari 2021
Seorang nakes Puskesmas Ukui saat disuntik vaksin, Selasa (26/1/2021). Foto: Istimewa.

Seorang nakes Puskesmas Ukui saat disuntik vaksin, Selasa (26/1/2021). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Puluhan tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, mendapat giliran vaksinasi, Selasa (26/1/2021). Untuk mengawal lancarnya proses vaksinasi tersebut, Polsek Ukui melakukan pengamanan dan pengawalan proses vaksinasi.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan proses vaksinasi secara langsung di lokasi. Sebelum menerima vaksin, para nakes terlebih dahulu diwajibkan mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan.

"Rangkaian tersebut dimulai dari cek tekanan darah, sanutarsi oksigen darah, dan mengikuti tes wawancara. Proses ini guna mengetahui penyakit yang diderita nakes," ujarnya. 

Usai disuntik vaksin Sinovac, para nakes menjalani observasi selama 30 menit. Hal ini untuk mengetahui gejala awal usai menerima vaksin.

"Walau ada beberapa nakes yang merasa deg-degan saat disuntik vaksin, mereka mengaku tidak merasakan sakit atau alergi usai menjalani observasi selama 30 menit," ungkap Rifendi. 

Perlu diketahui, nakes merupakan garda terdepan. Maka dari itu, para nakes diprioritaskan menjadi penerima vaksin yang paling cepat. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ukui Rosdiana mengatakan, penyuntikan vaksin Sinovac ini merupakan gelombang ketiga terhadap para nakes. Gelombang vaksinasi pertama dan kedua telah dilaksanakan di bulan Januari 2021.

Total keseluruhan nakes Puskesmas Ukui yang telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 58 orang dari total 60 orang. 

Para nakes yang telah menerima vaksin ini akan dipantau perkembangannya selama 14 hari ke depan. Tujuannya untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar dapat membentuk antibodi dalam melawan virus corona. 

"Semoga dengan adanya vaksin ini, pandemi corona cepat berakhir. Yang paling penting masyarakat harus terus mendisiplinkan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," harap Rifendi.