Sempat Terkendaka Banjir, Pembangunan Jembatan Kapojan Bunut Tuntas

Sempat Terkendaka Banjir, Pembangunan Jembatan Kapojan Bunut Tuntas

8 Januari 2021
Sempat Terkendaka Banjir, Pembangunan Jembatan Kapojan Bunut Tuntas

Sempat Terkendaka Banjir, Pembangunan Jembatan Kapojan Bunut Tuntas

RIAU1.COM -

 

PELALAWAN-Tahun Anggaran (TA) 2020 pemerintah kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan tender, pembangunan jembatan Sungai Kapojan di Kelurahan Bunut, Kecamatan Bunut. Pembangunan jembatan ini, sangat didambakan oleh masyarakat, terutama untuk memudahkan akses penghubung bagi warga disini.

Tidak itu saja, keberadaan jembatan yang representatif akan mengangkat perekonomian masyarakat. Hasil-hasil dari pertanian masyarakat mudah diangkut keluar seperti buah kelapa sawit dan hasil pertanian lainnya.

"Sebelumnya, minta ampun, susah dilewati, jembatan yang dibangun seadanya, terbuat dari kayu. Bahkan sudah banyak warga menjadi korban, keceplung kedalam sungai lantaran melintasi jembatan," terang salah seorang Sahrudin, tokoh masyarakat setempat.

Proyek yang dikerja PT Mitra Wira Jaya tuntas dirampungkan tahun ini tepat waktu. Mantan Anggota DPRD Pelalawan ini sempat memprediksi pembangunan jembatan ini, tidak bakal tuntas. Hal ini mengingat, beberapa kendala dilapangan.

Kendala utama papar dia, adalah kendala banjir yang berlangsung cukup besar dan lama. Tidak itu saja, bahkan awal pekerjaan proyek oleh pemborong terlihat biasa-biasa saja dan terkesan lambat.

"Kita sempat memperkirakan jembatan Kapojan tidak bakal tuntas, melihat kondisi dilapangan. Tapi perkirakan kami ini, saat justru terbalik. Dimana pemborong dapat menuntaskan proyek ini, tepat waktu. Sebagai masyarakat Bunut kami ucapkan terima kasih kepada pihak pemborong," tandasnya.

Humas PT Mitra Wira Jaya, Alex Syahputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, sehingga Jembatan Sei Kepojan bisa dituntaskan tepat waktu.

Meskipun dalam perjalanannya, pihaknya selaku rekanan dilapangan banyak mendapatkan, persoalan yang berpotensi mengganggu pekerjaan tidak bisa dikejar tepat waktu. Akan tetapi, berkat supor tokoh masyarakat dan warga setempat pekerjaan ini dapat dituntaskan tepat waktu.

Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan pembangunan jembatan oleh PT Mitra Wira Jaya, tuntas dikerjakan tepat waktu dengan bobot pekerjaan 100 persen.

Menurut dia, ada tiga unit jembatan yang dibangun tahun ini, diantaranya, Jembatan Sei Kepojan kecamatan Bunut, Jembatan desa Sering di kecamatan Pelalawan dan satu lagi jembatan Trimulya Jaya di Kecamatan Ukui.

"Yang Kapojan Bunut siap 100 persen, sementara di Sering dan Ukui itu bobot pekerjaanya di atas 90 persen jadi diluncurkan pada tahun 2021," tandasnya, singkat. (ardi)