Karhutla di Pangkalan Terap Belum Padam, 2 Heli Lakukan Water Boombing

Karhutla di Pangkalan Terap Belum Padam, 2 Heli Lakukan Water Boombing

2 April 2020
Petugas melakukan pendinginan Kahutla di Pelalawan/R24

Petugas melakukan pendinginan Kahutla di Pelalawan/R24

RIAU1.COM -PELALAWAN-Dua pekan sudah sijago merah menghanguskan lahan masyarakat di Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Bahkan api, sudah masuk dalam wilayah Desa Merbau Kecamatan Bunut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pelalawan Hadi Penandio, mengatakan, tim Damkar Karhutla masih melakukan pendinginan dan isolasi api di lapangan.

"Hari ini 2 heli melakukan operasi udara dengan water boombing,"kata Hadi Penandio kepada Riau24.com, Kamis 2 April 2020.

Operasi darat masih tetap dilakukan. Selain tim rayon Kecamatan, tim damkar perusahaan juga sudah dilokasi selama dua pekan ini. Hari ini, kata Hadi, tim Damkar PT Adei Plantation juga diminta turun kelokasi.

Kendala utama yang dihadapi tim damkar Dilapangan, adalah sumber air yang minim dan jauhnya lokasi.

"Jadi tim alat berat kita, melakukan isolasi api dan buat embung air. Yang kita khawatirkan, apinya naik kembali,"tambahnya.

Menurut Hadi juga, sejauh ini kebakaran masih dilahan belukar masyarakat. Namun tak menutup kemungkinan, jika tak bisa dipadamkan, berpeluang merambat ke lahan PT Sumber Sawit Sejahterah (SSS) dan PT Arara Abadi.