Sudah 3 Kecamatan di Pelalawan Dilanda Banjir, Tinggi Air Capai 60 sentimeter

Sudah 3 Kecamatan di Pelalawan Dilanda Banjir, Tinggi Air Capai 60 sentimeter

15 Desember 2019
Tim BPBD Pelalawan menerjang banjir yang menggenangi jalan

Tim BPBD Pelalawan menerjang banjir yang menggenangi jalan

RIAU1.COM - Empat desa dari tiga kecamatan di Kabupaten Pelalawan dilanda banjir, yakni 2 desa di Kecamatan Pangkalan Kerinci, serta masing-masing satu desa di Kecamatan Langgam dan Kecamatan Ukui.

"Data kita, Sabtu 14 Desember 2019 pukul 18.00 WIB kemarin, banjir di Kecamatan Langgam melanda Kelurahan Langgam dan Muara Sako," kata Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio, Ahad 15 Desember 2019.

Kemudian di Kecamatan Pangkalan Kerinci, banjir melanda Desa Rantau Baru dan Kuala Terusan. "Terakhir di Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui," terangnya.

Hadi menuturkan, kondisi banjir di Lubuk Kembang Bunga Ukui sudah surut. Jalan desa sudah bisa dilewati, dan sudah tidak ada rumah warga yang terendam. Hanya 4 rumah warga yang masih terdampak.

"Di Kelurahan Langgam, 105 KK dan 48 rumah terdampak, 3 terendam. Di Muara Sako 3 rumah warga dan 8 KK terdampak," tuturnya.

Ia menambahkan, di Jalan Pemda menuju Kelurahan Langgam juga sudah digenangi air. Terutama Jalan Pemda dari Lubuk Ogung ke Kelurahan Pelalawan, dengan ketinggian air mencapai 30 hingga 60 sentimeter.

Loading...

"Di Desa Rantau Baru, akses jalan menuju ke sana sudah digenangi air setinggi lutut orang dewasa, atau sekitar 40 sentimeter. Namun, belum ada rumah warga yang terendam," sebutnya.

"Meski belum terendam, sejumah musola dan Puskesdes di Desa Rantau Baru sudah digenangi air. Warga yang terdampak ada 216 KK dan 736 jiwa," sambungnya.

Hadi menambahkan, di Desa Kuala Terusan, sebanyak 240 jiwa warga dan 85 KK juga sudah terdampak banjir.