Inspektorat Periksa DLH Pelalawan, Kasus Karhutla?

Inspektorat Periksa DLH Pelalawan, Kasus Karhutla?

10 Oktober 2019
Kantor DLH Pelalawan

Kantor DLH Pelalawan

RIAU1.COM - Inspektorat Kabupaten Pelalawan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan. Tim auditor inspektorat mulai masuk sejak Rabu 9 Oktober 2019 kemarin.

Audit yang dilakukan pada tahun berjalan ini, menjadi tanda tanya. Apakah ada kaitannya, dengan kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan pemeriksaan Bupati Pelalawan, HM Harris pekan lalu di Mabes Polri.

Sumber Riau1.com menyebutkan, pemeriksaan oleh inspektorat ini, adalah audit rutin. Namun katanya, masalah rekomendasi dan dokumentasi lingkungan, menjadi hal pertama yang audit.

"Tim audit inspektorat sudah masuk sejak kemarin pagi. Rekomendasi dan dokumentasi lingkungan, hal pertama yang diaudit," jelas sumber ini.

Sumber ini juga tak membantah, audit rekomendasi dan dokumentasi lingkungan itu, ada kaitan dengan kejadian karhutla di beberapa perusahaan.

"Jelas ada. DLH kan OPD yang diberikan kewenangan untuk melakukan monitoring dan pengawasan lingkungan secara rutin terhadap perusahaan di Kabupaten Pelalawan,"kata pejabat eselon 3 ini.

Kepala Inspektorat Kabupaten Pelalawan membantah, jika audit yang dilakukan pihaknya hanya terkait kasus Karhutla.

"Ini audit rutin. Sama terhadap OPD lain. Tak ada kaitannya dengan itu (karhutla)," tegas Kepala Inspektorat Pelalawan, M Irsyad kepada Riau1.com, Rabu 9 Oktober 2019 kemarin.

Irsyad menjelaskan, 4 aspek yang menjadi objek audit oleh inspektorat, yakni, keuangan, sarana dan prasara, SDM dan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) OPD.

"Itu sama dengan OPD lainnya. Tak ada yang istimewa atau yang lain, dengan audit kita saat ini di DLH itu," pungkasnya.


Penulis: Hari