Tahun 2019 Tak Ada Mahasiswa Baru, AKN Pelalawan Tutup?

Tahun 2019 Tak Ada Mahasiswa Baru, AKN Pelalawan Tutup?

5 Juli 2019
AKN Pelalawan

AKN Pelalawan

RIAU1.COM - Tahun ajaran baru 2019 ini, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pelalawan tidak melakukan penerimaan mahasiswa baru. Kabar AKNP ditutup pun merebak.

Direktur AKN Pelalawan, Muktarius memastikan tidak ada penutupan, dan tidak adanya penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019 ini, terjadi diseluruh Akademi Komunitas (AK) di Indonesia.

"Silahkan cek di AK seluruh Indonesia, misal AK Siak dan AK Bengkalis, semuanya tidak menerima mahasiswa baru untuk tahun 2019 ini. Tapi itu bukan berarti tutup," kata Muktarius, Jumat 5 Juli 2019.

Muktarius menjelaskan, penyebab tidak adanya mahasiswa baru karena kebijakan dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang akan menghentikan bantuan untuk AK melalui politeknik induk, mulai tahun 2021.

"Kita seluruh AK akan mengajukan proposal ke Kemenristekdikti, untuk kelanjutan AK ini. Usulan kita itu mandiri atau Program Study Diluar Kampus Utama (PSDKU)," jelasnya.

Muktarius menyatakan, dalam waktu dekat AKN Pelalawan bersama Pemkab Pelalawan dan Politeknik Padang akan menyampaikan langsung proposal tersebut ke Kemenristekdikti RI.

"Makanya, kita tidak melakukan penerimaan mahasiswa baru, karena PSDKU ini jenjangnya D-IV atau Strata 1 (S1), beda dengan AK yang hanya D-II," pungkasnya.