Vaksinasi Polio Tahap Kedua di Pekanbaru, 17.382 Anak Telah Divaksin

Vaksinasi Polio Tahap Kedua di Pekanbaru, 17.382 Anak Telah Divaksin

14 Agustus 2024
Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak 17.382 anak usia 0 hingga 7 tahun telah mendapatkan vaksin pada tahapan kedua Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Rinciannya, 6.134 anak berusia 7 tahun, 4.639 anak berusia 5 hingga 7 tahun, dan 6.609 anak berusia 0 hingga 59 bulan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (14/8/2024), mengungkapkan vaksinasi tahap kedua ini berjalan sedikit lebih lambat dibandingkan tahap pertama. Tantangan utama yang dihadapi berasal dari sekolah-sekolah keagamaan.

"Beberapa orang tua masih keberatan anak mereka divaksin. Oleh karena itu, kami akan melakukan koordinasi dengan Kemenag, organisasi-organisasi keagamaan, dan pengelola sekolah keagamaan. Kami berupaya memberikan penjelasan lebih lanjut agar program vaksinasi ini dapat berjalan lancar," ucapnya.

Vaksinasi merupakan langkah penting yang diambil pemerintah untuk melindungi anak-anak dari ancaman Polio. Polio merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. 

"Saya berharap dapat mencapai hasil maksimal dalam tahap kedua ini. Program vaksinasi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak di Pekanbaru, tetapi juga untuk mencegah penyebaran polio di seluruh Indonesia," ujar Ingot.