Tugas Pj Wali Kota Pekanbaru Bukan Layaknya Kepala Daerah Definitif

Tugas Pj Wali Kota Pekanbaru Bukan Layaknya Kepala Daerah Definitif

5 Agustus 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Tugas penjabat (Pj) wali kota tak sama seperti kepala daerah definitif hasil Pilkada. Tugas hanya Pj wali kota hanya menyiapkan anggaran untuk visi dan misi kepala daerah terpilih.

"Saya harus menyiapkan fiskal yang bagus untuk kepala daerah terpilih. Karena itu, perencanaan Pemko Pekanbaru harus matang," kata Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Senin (5/8/2024).

Jadi, tugas Pj wali kota itu bukan sebagai wali kota definitif yang bisa semaunya. Tugas Pj wali kota menyiapkan anggaran guna menjalankan visi dan misi kepala daerah terpilih. 

"Tugas saya menjalankan pemerintahan di masa transisi. Saya menyelesaikan program-program yang masih ada boroknya," ucap Risnandar.

Supaya, kepala daerah terpilih sudah memiliki catatan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pj wali kota juga bertugas menyiapkan transisi penganggaran. 

"Jangan sampai anggaran minus seperti saat saya menjabat Pj wali kota. Makanya, perencanaan anggaran harus matang. Tugas saya bukan selaku kepala daerah definitif," tegas Risnandar.